Komisi pemeberantasan Korupsi menetapkan status tersangka terhadap Zumi pada Jumat (2/1) atas dugaan menerima hadi
Komisi Pemeberantasan Korupsi menetapkan status tersangka terhadap Zumi pada Jumat (2/1) atas dugaan menerima hadiah kurang lebih Rp6 miliar. (Foto: Instagram zumizola_corner)

Sabigaju.com – Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) pada hari Jumat (2/2) menetapkan Gubernur Jambi, Zumi Zola sebagai tersangka dengan dugaan Zumi Zola menerima hadiah atau janji terkait sejumlah proyek di lingkungan Pemprov Jambi.

Hal itu merupakan corengan bagi karir politik Zumi Zola yang dibangun dengan susah payah sejak memutuskan untuk menanggalkan nama harum yang dibangunnya di ranah hiburan,

Yup, Sebelum memutuskan langkah menjadi politisi, Zumi Zola memiliki karier yang cukup mengesankan di ranah hiburan. Kariernya di dunia hiburan dimulai dengan membintangi sinetron.

Karir  Zumi Zola di Dunia Sinetron

Zumi mengawali kariernya di dunia hiburan dengan mengikuti pemilihan Abang None, mewakili Jakarta Selatan pada tahun 2001.

Sinetron pertama yang dibintangi Zumi Zola adalah ‘Culunnya Pacarku’ pada tahun 2004. Dalam sinetron yang memadukan antara adegan supranatural, kisah percintaan dua remaja plus komedi itu, Zumi Zola berperan sebagai pemuda tampan lagi cerdas bernama Mahmudin.

Zumi Zola dan P_utri Patricia kala membintangi sinetron Culunya Pacarku
Zumi Zola dan P_utri Patricia kala membintangi sinetron Culunya Pacarku

Dia jatuh cinta pada gadis cantik yang menjadi mahasiswi primadona kampusnya, Tasya yang dibintangi Putri Patricia.

Zumi kemudian turut membintangi sinetron “Hantu Jatuh Cinta” pada tahun 2006. Sinetron tersebut boleh dibilang mirip dengan film Hollywood Ghost dengan bintang utama Demi Moore dan Patrick Swayze. Zumi berperan sebagai Renno yang menghantui kekasihnya Melissa yang dilakoni Titi Kamal.

Nama Zumi mulai berkibar saat ia turut membintangi sinetron “Ku T’lah Jatuh Cinta” di tahun yang sama. Dalam sinetron terjalin kisah cinta segitiga antara Zumi sebagai Radit yang menjalin hubungan dengan Riby diperankan Agnes Mo. Riby sendiri sebenarnya memiliki kekasih, Zaky yang dilakoni Irwansyah dan tinggal di kota New York.

Kisah cinta segitiga antara Zumi Zola, Irwansyah dan Agnes Monica tersaji dalam Sinetron Ku Tlah jatu Cinta.
Kisah cinta segitiga antara Zumi Zola, Irwansyah, dan Agnes Monica tersaji dalam Sinetron Ku Tlah jatu Cinta.

Ketika cinta antara Riby dan Radit mula memekar, Zacky pulang kembali ke Tanah Air dengan membawa sepupunya iaitu Mila. Zacky kecewa saat tahu bahwa Riby telah memalingkan hatinya. Pada saat yang sama, Mila pula menaruh hati pada Radit.

Hubungan Profesional Zumi dan Agnes monica berlanjut kala ia muncul sebagai model video klip di single “Matahariku” (2008) milik Agnes Mo.

Zumi beradu akting dengan Tamara Blezynskidalam sinetron Surga untukmu.
Zumi sempat beradu akting dengan Tamara Blezynskidalam sinetron Surga untukmu.

Di tahun 2010 Zumi sempat beradu akting dengan aktris Tamara Blezyski lewat sinetron ‘Surga Untukmu’. Dalam sinetron besutan rumah produksi MD Entertainment itu, Zumi berperan sebagai Fachmi yang jatuh cinta kepada janda beranak tiga bernama halimah yang diperankan Tamara Blezynski.

Terhitung, sejak tahun 2004 hingga kini, Zumi Zola sudah membintangi lebih dari 10 judul sinetron.

Karir di Layar Lebar

Dalam Film Kawin Laris Zumi juga bertindak selaku Produser.
Dalam Film Kawin Laris Zumi juga bertindak selaku Produser.

Setelah sukses di layar kaca, Zumi pun merambah layar lebar dengan membintangi film film “Kawin Laris” (2009). Hebatnya, di film bergenre komedi ini Zumi tak hanya menjadi pemeran namun juga menjadi produser.

Film Kawin Laris secara kebetulan memang banyak didukung oleh banyak musisi macam Candil, Vincent, Udjo, Desta, hingga Jimmy Multhazam. Selain itu masih ada nama lain macam Nana Mirdad, Edric, Pepi, Unang, hingga Sudjiwo Tedjo.

Zumi Zola berperan sebagai Agus yang memiliki cita-cita menjadi penghulu. Sayangnya, tingkat pernikahan di lingkungan tempat tinggal Agus, menurun drastis. Agus bersaing dengan seorang penghulu muda yang narsis dan matre bernama Deon (diperankan Vincent Rompies).

Langkah Zumi di ranah layar lebar makin berkibar kala dia menjadi salah satu dari kelima pemeran utama di film bergenre fiksi historis Indonesia, ‘Merah Putih’ (2009).

Zumi makin berkibar setelah membintangi Film Merah Putih.

Film ‘Merah Putih’ berkisah tentang perjuangan melawan tentara Belanda pada tahun 1947. Amir (Lukman Sardi), Tomas (Donny Alamsyah), Dayan (Teuku Rifnu), Soerono (Zumi Zola), dan Marius (Darius Sinathrya) adalah lima kadet yang mengikuti latihan militer di sebuah Barak Bantir di Semarang Jawa Tengah.

Masing-masing mempunyai latar belakang, suku, dan agama yang berbeda. Suatu ketika, kamp tempat mereka berlatih diserang tentara Belanda. Karakter Soerono yang diperankan Zumi merupakan sahabat dari Marius yang di bintangi Darius Sinathrya

Film Merah Putih pun menjadi film terakhir Zumi sebelum akhirnya terjun ke dunia politik. (Sbg/Rig)

Comments