Daya Ingat
Kandungan yang dimiliki sayuran berdaun hijau tersebut bukan hanya mampu mempertahankan daya ingat hingga usia lanjut tetapi juga mampu mengurangi risiko kanker.(Foto: Pexels)

Sabigaju.com – Daya ingat merupakan sesuatu yang sangat diperhatikan oleh pria. Dengan adanya daya ingat yang baik, pria akan terhindar dari penyakit otak seperti Alzheimer.

Daya ingat memang sangat erat kaitannya dengan aktivitas pria sehari-hari sehingga sangat penting bagi para pria untuk menjaga daya ingatnya.

Berikut ini adalah ulasan mengenai rekomendasi makanan yang mampu menjadi penguat daya ingat untuk para pria.

BACA JUGA:

 

Sayuran Berdaun Hijau dan Buah Berry

Daya Ingat
(Foto: Unsplash)

Jenis makanan yang ditengarai mampu menjadi penguat untuk menguatkan kemampuan ingatan adalah sayuran berdaun hijau dan buah berry. Kedua jenis makanan ini kaya akan karotenoid sehingga mampu mempertahankan daya ingat hingga usia lanjut jika dikonsumsi secara rutin.

Sayuran berdaun hijau memiliki kandungan klorofil, lutein, zeaxanthin, kalsium, folat, vitamin C serta beta karoten.

Daya Ingat
(Foto: Unsplash)

Kandungan yang dimiliki sayuran berdaun hijau tersebut bukan hanya mampu memperkuat kemampuan ingatan hingga usia lanjut tetapi juga mampu mengurangi risiko kanker, menurunkan tekanan darah, menurunkan kadar kolesterol jahat serta membantu pencernaan makanan yang lebih baik.

Berdasarkan Riset Selama 20 Tahun

Bukan main-main, hasil tentang dua jenis makanan yang mampu mempertahankan daya ingat pria didapat berdasarkan kesimpulan sebuah riset yang digelar selama 20 tahun. Riset tersebut melibatkan 27.842 pria yang berprofesi sebagai tenaga medis.

Penelitian ini pertama kali dicetuskan oleh The Harvard School of Public Health dan melibatkan responden berusia rata-rata 51 tahun. Saat ini, ketika tes pengukuran kemampuan kognitif dilakukan, rata-rata responden berusia 73 tahun.

Riset tersebut diawali dengan peserta yang diminta untuk melengkapi kuesioner tentang asupan harian dari sayur, buah serta makanan lainnya. Pengisian data dilakukan setiap empat tahun sekali dan memakan waktu hingga 20 tahun.

Pentingnya Mengonsumsi Secara Rutin

Daya Ingat
(Foto: Pexels)

Adapun jumlah minimal konsumsi sayuran hijau yang direkomendasikan adalah dua cangkir sayuran hijau. Sedangkan jumlah minimal untuk konsumsi buah berry adalah setengah atau satu cangkir dalam bentuk jus setiap harinya.

Menurut Dr. Changzeng Yuan, pemimpin riset tersebut, peserta yang mengonsumsi sayur dan buah 18-22 tahun lebih awal tidak mengalami kesulitan ketika mengingat hal pendek seperti daftar belanja.

Penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa peningkatan daya ingat tetap terasa meskipun responden mengonsumsi dalam jumlah yang sedikit. (Sbg/Vania)

Comments