Diabetes
Sumber Foto: medium.com

Sabigaju.com – hari ini Kamis 4 November 2019 diperingati sebagai hari Diabetes Sedunia. Tanggal tersebut dipilih sesuai dengan hari kelahiran Frederick Grant Banting, seorang ilmuwan asal Kanada yang menemukan insulin.

Penemuan insulin sangat bermanfaat bagi penderita diabetes yang organ pankreasnya tidak lagi bisa menghasilkan insulin.

Ada satu hal yang memprihatinkan dimana penderita penyakit yang belum ada obatnya ini bukan semakin berkurang, jumlah angka penderita diabetes malah semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Bahkan pada 2045 penderita diabetes diprediksi mencapai 629 juta jiwa.Angka ini berdasarkan catatan International Diabetes Federation (IDF) pada 2015 yang menyebut jumlah penderita diabetes mencapai 415 juta jiwa, kemudian pada 2017 mencapai 425 juta.

Lantas bagaimana jumlah penderita penyakit diabetes di Indonesia terkait gaya hidup dan pola makan? Simak ulasannya yuk!

BACA JUGA: Kenali Ragam Penyakit Kritis yang Bisa Menyerangmu 

Diabetes dan Gaya Hidup

Diabetes masih menjadi penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat Indonesia. Dikutip dari rilis Kementerian Kesehatan yang dikeluarkan akhir 2018, penyakit ini di Indonesia menunjukkan peningkatan.

Di tataran global, sebanyak 90-95% kasus diabetes yang diderita merupakan diabetes tipe 2. Diabetes tipe 2 merupakan penyakit yang ditandai dengan adanya kadar gula (glukosa) yang tinggi di aliran darah.

Cara mencegah penyakit ini tersebut, melibatkan gaya hidup sehat yang sebenarnya tak sulit.  Coba deh cek beberapa hal dibawah ini:

BACA JUGA: Jangan Terlalu Sering Mengonsumsi Minuman Manis, Berbahaya 

Mengurangi Asupan Gula

Banyak penelitian yang sudah mengaitkan, antara konsumsi gula dengan risiko diabetes tipe 2., termasuk gaya hidup tak sehat.

Dan para ahli meyakini, minuman dan makanan bergula tinggi membuat kita meningkatkan risiko untuk menderita penyakit ini, baik secara langsung maupun tak langsung.

Nah, saat ini banyak jajanan yang justru minim zat gizi dan tinggi kadar gulanya berisi tepung, gula, dan lemak.

Contohnya, minuman kekinian seperti bubble drink atau minuman kemasan. Nah, minimalkan  kalau perlu stop mengonsumsi hal itu.

Namun, bukan berarti kita sama sekali tak diperbolehkan mengonsumsi gula. Kementerian Kesehatan mengeluarkan rekomendasi konsumsi gula, garam, dan lemak.

Untuk konsumsi gula dibatasi 50 gram (empat sendok makan) per hari, garam lima gram (satu sendok teh) per hari, dan lemak 67 gram (lima sendok makan) per hari.

BACA JUGA: Hentikan Kebiasaan Mengonsumsi Minuman Boba

Kurangi Makanan Berproses

Di zaman yang serba instan, makanan berproses, seperti makanan beku dan mie instan, memang sulit untuk dihindari.

Namun, kita bisa memulai membatasi asupannya, sebagai cara untuk mencegah penyakit berbahaya ini.

Makanan berproses telah dikaitkan dengan beragam masalah kesehatan. Masalah tersebut termasuk obesitas, penyakit jantung, dan diabetes.

Jadikan Air Putih sebagai Minuman Utama

Nah daripada tiap hari kamu  mengonsumsi minuman kekinian dengan rasa yang super manis, kita harus mulai mencegah diabetes, dengan lebih rajin untuk konsumsi air putih.

Air putih menjadi minuman paling ‘aman’, untuk membuat tubuh senantiasa terhidrasi. Tak hanya itu, air putih juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan.

Manfaat tersebut, termasuk dapat meningkatkan kendali tubuh terhadap kadar gula darah, serta respons insulin.

BACA JUGA: Kenikmatan Mematikan dalam Minuman Bersoda 

Batasi Konsumsi Teh dan Kopi

Seruput secangkir teh dan kopi Selain air putih sebagai minuman utama, menyeruput secangkir kopi atau teh juga dapat dilakukan, karena manfaat kesehatannya.

Beberapa penelitian telah membuktikan, konsumsi teh dan kopi, dalam batas wajar, membantu menurunkan risiko dan mencegah penyakit ini.

Salah satu teh yang mudah didapatkan, yakni teh hijau. Teh hijau mengandung molekul antioksidan unik, yang dibuktikan ahli dapat menurunkan gula darah, serta meningkatkan sensivitas sel tubuh terhadap insulin.

Yuk, gaes  di Hari Diabetes ini kita satukan tekad untuk menerapkan pola hidup sehat. (Sbg/Rig)

Comments