Tiny Habits
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Kesuksesan dalam hidup pada umumnya tidak didapatkan secara instan, Hal itu bisa dengan efektif dimulai dengan kebiasaan sederhana yang dilakukan secara rutin alis tiny habits.

Tiny habits adalah sederet kebiasaan sederhana tetapi dilakukan terus-menerus demi mencapai tujuan tertentu. Meskipun awalnya sangat tidak terbiasa, kamu disarankan untuk terus mengulanginya hingga menjadi kebiasaan yang tak dapat lepas dari gaya hidup.

Menurut BJ Fogg, seorang ilmuwan, motivator dan juga dosen di Universitas Stanford menuliskan konsep Tiny Habits ini dalam buku bertajuk The Tiny Small Changes Habits that Change Everything.

Untuk mengubah pola kehidupan yang terasa tidak mempunyai arah, lakukanlah kebiasaan sederhana yang bermanfaat yang bisa kita lakukan secara konsisten.

BACA JUGA: Mau Hidup Sejahtera? Terapkan Pola Berpikir Positif 

Tidak rumit, Gampang Banget

Untuk melakukan tiny habits tidak rumit seperti apa yang dipikirkan. Kita hanya perlu memikirkan tujuan apa yang ingin dicapai dan lakukanlah sesuatu dimulai dari hal yang terkecil.

Beberapa kebiasaan sederhana yang patut kamu mulai dari sekarang antara lain:

  • Bangun lebih pagi setiap hari.
  • Mulailah makan buah dan sayur secara rutin dari jenis yang paling cocok dengan lidah.
  • Selalu menyapa orang lain yang dikenal ketika bertemu.
  • Meluangkan me time agar dapat menikmati kesendirian.
  • Mulai membereskan barang-barang apa pun usai menggunakannya.
  • Mendengarkan cerita orang lain dengan seksama tanpa memotongnya.
  • Membiasakan diri untuk mulai rajin membaca buku setiap hari.

BACA JUGA: Simpel Mood Booster Agar Kamu Bersemangat Menjalani Hari

Menerapkan Kebiasaan Sederhana dalam Aktivitas

Hal pertama yang mesti kamu lakukan adalah menentukan kebiasaan yang akan dimulai serta tujuan yang ingin dicapai.

Misalnya, kamu ingin mulai rutin berolahraga setiap hari. Kemudian, luangkan waktu minimal 10 menit setiap hari untuk melakukan aktivitas baru tersebut.

Kamu dapat menggunakan waktu senggang untuk lari santai di taman atau sekedar mengitari komplek rumahmu. Lama-kelamaan kamu akan terbiasa dan tidak kesulitan meluangkan waktu.

BACA JUGA: Ragam Bahasa Tubuh yang Bikin Orang Suka Kepadamu 

Di bidang pekerjaan, kita bisa menerapkan tiny habits dengan mencicil pekerjaan secara perlahan hingga suatu saat nanti menemui titik puncaknya.

Atau ketika kamu ingin memiliki bisnis sendiri yang kamu idamkan, kamu bisa memulainya dengan kegiatan sederhana dengan survei online kecil-kecilan yang dilakukan setiap pagi sebelum pergi ke kantor.

Atau jika kamu ingin menulis buku, kamu bisa meluangkan waktu sebelum tidur untuk menulis beberapa paragraf setiap malam.

Intinya, biarkanlah tiny habits itu tumbuh dalam dirimu karena banyak manfaatnya bagi diri sendiri. (Sbg/Rig)

Comments