Makan Malam
Menghindari makan malam sama sekali tak membantu kita untuk mendapatkan berat badan ideal. (Foto: Pexels)

Sabigaju.com – Entah siapa yang memulai, namun hingga kini banyak orang percaya dengan anggapan kalau jika ingin menurunkan berat badan maka sebaiknya kita menghindari makan malam.

Padahal anggapan itu keliru, melewatkan makan malam justru hanya memicu rasa lapar, asam lambung, mual, dan gangguan tidur.

Yup, menghindari makan malam sama sekali tak membantu kita untuk mendapatkan berat badan ideal. Lantas apa yang harus kita lakukan jika ingin menurunkan berat badan tanpa harus menghindari makan malam? Kita cek yuk cara efektifnya.

BACA JUGA:

Kurangi Porsi

Ada baiknya jika kita ingin menurunkan berat badan maka kita harus menghindari makan dalam porsi besar sebelum tidur. Hal ini sangat berguna untuk menghindari refluks gastroesofagus dan penambahan berat badan.

Selain itu, aktivitas makan makanan berat dan besar sebelum waktu tidur dapat membuat kita merasa tidak nyaman. Makan malam dalam porsi besar memiliki efek sama seperti alkohol yang memperlambat kinerja tubuh keesokan harinya.

Makan Malam
(Foto: pexels)

 

Perlu diperhatikan juga apakah menu makanan kita tinggi gula dan lemak dapat membebani sistem pencernaan sehingga tubuh menyimpan lemak terlalu banyak.

Inilah yang menyebabkan kenaikan berat badan dan menyebabkan kualitas tidur terganggu, sehingga membuat kita melambat baik secara fisik maupun mental keesokan harinya.

Menu Makan Malam yang Sehat

Menu makan malam yang sehat dan tepat akan membuat kamu tidak mudah lapar dan terhindar dari makan berlebih.

Lantas, apa saja menu makan malam yang sehat dan ampuh menurunkan berat badan?

1. Perbanyak Sayuran

Makan Malam
(Foto: Pexels)

Konsumsi sayur dan buah setiap hari bermanfaat untuk menjaga kesehatan. Termasuk bagi kamu yang sedang menjalani diet untuk menurunkan berat badan, artinya kamu harus memperkaya menu makananmu dengan sayuran, khususnya di malam hari.

Jadi kamu tidak perlu takut lagi untuk kelaparan di malam hari. Alhasil, kamu menjadi lebih mudah untuk mencegah kenaikan berat badan.

2. Jangan Lupakan Protein

Cara efektif menurunkan berat badan yang adalah mengganti karbohidrat dengan protein.

Pasalnya, protein pada makanan dapat membuat kamu kenyang lebih lama dibandingkan dengan konsumsi makanan sumber karbohidrat atau lemak.

Pilihlah sumber protein seperti daging ayam, makanan laut, dan kacang-kacangan yang baik untuk menurunkan berat badan.

Makan Malam
ilustrasi pixabay

Selain itu, kamu dapat mengonsumsi susu yang dapat membantu menangkal pertambahan berat badan dan membangun massa tubuh tanpa lemak.

Gunakan metode memanggang atau merebus untuk mengolah dada ayam tanpa kulit atau salmon.

3. Penuhi Kebutuhan Serat

Mengurangi karbohidrat bukan berarti Anda tidak mengonsumsinya sama sekali. Kuncinya adalah mengontrol porsi karbohidrat dalam menu makan malam kamu.

Makan Malam
(Foto: Pexels)

Pilihlah sajian nasi merah, quinoa, roti gandum utuh, atau bayam untuk memenuhi asupan karbohidrat sehat.

Semua bahan ini mengandung magnesium, mineral yang berperan dalam mengatur metabolisme lemak tubuh. (Sbg/Rig)

Comments