Beranda Lifestyle TRAVELING Yeay! Patung Raksasa GWK Akhirnya Rampung di Bulan Ini

Yeay! Patung Raksasa GWK Akhirnya Rampung di Bulan Ini

5 menit baca
0
0
50

Sabigaju.com – Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK)  di Bali hampir rampung di kerjakan. Rencananya patung GWK ini selesai pada akhir Agustus 2018.

Penampakan patung ini pun menjadi sorotan warganet di berbagai lini masa media sosial Indonesia maupun luar negeri yang terperangah saat menyaksikan kehadirannya.

Butuh waktu yang sangat lama agar patung GWK bisa berdiri kokoh seperti saat ini. Patung yang diprakarsai oleh seniman I Nyoman Nuarta ini dikerjakan selama 28 tahun, berawal berdiri pada 1990 dan peletakan batu pertama tahun 1997 silam.

Patung Raksasa Tertinggi di Dunia?

Patung raksasa GWK berlokasi di Bukit Unggasan-Jimbaran, Badung, Bali ini juga dibangun di atas bukit tertinggi di Bukit Nusa Dua. Lokasi ini dulunya adalah bekas penambangan kapur liar. Namun, sudah tidak produktif. Lahan ini ditinggalkan dalam keadaan yang kurang baik.

Patung raksasa GWK yang sudah terbangun dengan sempurna rencananya bakal mencapai ketinggian hingga 120 meter dengan total beratnya mencapai 4 ribu ton.

Hal itu membuat patung GWK  langsung masuk ke dalam daftar patung-patung raksasa tertinggi di dunia, sejajar dengan patung Ushiku Daibutsu (ketinggian 100 meter) di Jepang, patung Laykyun Setkyar (ketinggian 116 meter) di Myanmar, dan patung Spring Temple Buddha (ketinggian 153 meter) di Tiongkok.

Patung GWK Bakal jadi Daya Tarik Baru Buat Bali

Patung raksasa ini pun digadang menjadi daya tarik baru bagi pariwisata Indonesia sekaligus kebanggaan bagi masyarakat Bali. Terlebih lagi nantinya di bawah patung GWK akan berdiri sebuah monumen yang didesain dalam bentuk bangunan berukuran 30.000 meter persegi dengan ketinggian mencapai 45 meter.

Ballroom multifungsi akan dihadirkan dalam monumen alas tersebut sebagai balai konferensi seni dan budaya kelas dunia sambil menikmati pemandangan pulau Bali.

Patung Dewa Wisnu yang sedang menumpang burung Garuda ini diambil dari sosok mitologi yang disucikan oleh umat Hindu. Para founding fathers kita diadopsi secara filosofis dan disimbolisasikan dalam lambang negara kita.

Garuda bermakna sebagai simbol pembebasan ibu pertiwi dari belenggu perbudakan dan penjajahan. Dengan lambang Garuda, para pendiri negeri ini berharap Indonesia menjadi bangsa besar dalam menentukan masa depannya.

Menurut rencana, sebuah seremonial khusus bakal digelar untuk untuk menandai selesainya pembangunan patung raksasa ini pada akhir Agustus 2018 mendatang. (Sbg/Rig)

Comments
Tampilkan Lebih Banyak Artikel Terkait
Tampilkan Lebih Banyak rigo
Tampilkan Lebih Banyak Dalam TRAVELING
Komentar ditutup

Lihat juga

Nih 5 Barang Bawaan Wajib untuk Liburan Musim Panasmu!

Sabigaju.com – Di penghujung musim panas ini, kamu mungkin sudah berencana akan mela…