Tidak Mudik saat Idul Fitri
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Tahun ini, Lebaran Idul Fitri akan sangat berbeda. Jelas, pemerintah sangat menganjurkan kita untuk tidak mudik selama masa pandemi COVID-19 ini. Tak hanya itu, Salat Ied berjamaah di masjid juga terancam tak bisa dilaksanakan.

Kenapa? Ini karena kita bisa menyebarkan dan disebarkan oleh virus tersebut. Pemutusan mata rantai takkan berjalan dengan mulus.

Sedih ya? Jelas. Jika biasanya kita berkumpul bersama dengan keluarga di kampung, sekarang ini kita justru tertahan di tempat tinggal kita sekarang dengan aktivitas yang amat sangat berbeda.

Lantas, apa yang bisa kita lakukan saat tidak mudik Lebaran nanti?

BACA JUGA: Mudik Digital, Gunakan Aplikasi Gratis Ini yah Gaes! 

Mudik Digital

Walau tidak mudik, Kamu masih bisa kok, mengadakan mudik digital bersama dengan keluarga dan rekan lainnya. Tentu saja lewat berbagai macam aplikasi video call yang biasa kamu pakai selama work from home.

Dengan begitu, kamu masih bisa menjalin silaturahmi dengan mereka dan bermaaf-maafan.

Masak Bersama Keluarga Inti

Saat tidak mudik Lebaran, kamu masih bisa memasak masakan ala Lebaran seperti rendang, opor, ketupat dan lain-lain. Nikmati makanan tersebut bersama mereka di rumah setelah ritual sungkeman.

BACA JUGA: Lakukan Kebaikan! Bukan Pamer Kebaikan 

Beribadah

Meski tidak mudik saat Lebaran, Kamu masih bisa beribadah di rumah bersama keluarga di rumah. Misalnya salat sunnah berjamaah dan membaca al-Quran. Kalau kamu tinggal bersama keluarga yang cukup besar, adakan tausyiah kecil-kecilan.

Mengirim Parcel

Kamu masih bisa mengirim parcel sebagai ucapan terima kasih dan tanda syukur kepada sanak saudara atau rekan lain lewat kurir online lantaran tidak mudik Lebaran.

Jangan lupa menulis sebuah kartu ucapan ya.

BACA JUGA: Kesabaran itu Tidak Ada Batasnya, Tak Terhingga Manfaatnya 

Bersedekah

Selain zakat fitrah yang diwajibkan, kamu masih bisa bersedekah sedikit banyak ke orang yang membutuhkan.

Bantuan kamu di masa yang sulit seperti sekarang ini sangat berarti. Tapi jangan lupa tetap menjaga jarak dan kebersihan ya.

Semoga pandemi ini tak membuat kita berhenti berbuat kebaikan di tengah-tengah kesulitan dan momen yang hanya ada setahun sekali ini.

Yang kita butuhkan saat tidak mudik Lebaran kali ini hanya bersabar. Mudah-mudahan pandemi corona  segera berakhir ya. (sbg/Dinda)

Comments