sepeda Motor Listrik
Ilustrasi (Pexel.com)

Sabigaju.com – Beberapa waktu lalu, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) memperkenalkan Yamaha e-Vino, sepeda motor dengan desain skuter klasik bertenaga listrik. Walaupun langsung menjadi pembicaraan, ternyata YIMM sendiri belum memutuskan, apakah sepeda motor listik berbodi mungil ini akan dipasarkan di Indonesia atau tidak.

Pada satu kesempatan, Executive Vice President and CEO YIMM Dyonisius Beti menyampaikan beberapa alasan mengapa pemasaran sepeda motor ini di Indonesia masih perlu dikaji. Ada beberapa alasan kuat mengapa rencana ini tertunda.

“Banjir, misalnya, ini kan bahaya. Perlu studi lebih lanjut. Kemudian keselamatan saat berkendara, dengan kondisi behavior dan traffic yang semrawut dan padat, sepeda motor listrik ini kan tanpa suara, dan itu cukup berbahaya jika masuk ke kondisi tersebut. Sebab, budaya berkendara di Indonesia itu kan berbeda dengan di Jepang,” kata Beti.

e-Vino sudah dipasarkan di Jepang dan Taiwan dengan kisaran harga jika dirupiahkan sekitar 24 hingga 26 juta. Masih menurut Beti, jika akhirnya motor ini dipasarkan di Indonesia, maka pembuatannya akan dilakukan di sini. Hal ini berarti, harga motor e-Vino di Indonesia bisa dijual lebih murah dibandingkan dua negara lainnya.

Kelebihan dan Kelemahan Motor Listrik

Motor listrik disinyalir akan menjadi tren beberapa tahun ke depan, terutama setelah harga bahan bakar semakin melambung, motor listrik akan menjadi alternatif berkendaraan yang ramah di kantong. Selain itu, secara struktur mekanisnya, motor listrik lebih sederhana, perawatannya lebih gampang, dan ramah lingkungan. Disebutkan, akselerasi motor listrik juga lebih baik dan stabil.

Di sisi lain, jarak tempuh menjadi pertanyaan besar bagi orang yang ingin menggunakan sepeda motor listrik. Rata-rata jarak tempuh sepeda motor listrik premium adalah 150-300km untuk pengisian baterai hingga penuh selama 4-8 jam. Motor listrik juga akan mengalami masalah ketika dikendarai dalam keadaan hujan deras yang menyebabkan banjir. Dalam hal ini, segi keselamatannya masih harus sangat diperhatikan.

Nah, Sobat Sabi, apakah kamu sudah siap menyambut teknologi terbaru sepeda motor yang satu ini? Pertimbangkan baik-baik sebelum memilih, apakah kamu ingin mengendarai sepeda motor bertenaga listrik, atau sudah cukup nyaman dengan sepeda motor konvensional. (Sbg/Ldr)

Comments