Pria Sehat
ada sejumlah tanda alami yang dapat menunjukan bahawa seseorang masuk dalam golongan pria sehat. (Sumber: Schalipharma)

Sabigaju.com – Apakah kita termasuk dalam golongan pria sehat? Ya, pertanyaan ini tak dipungkiri kerap ditanyakan kita-kita setiap harinya. Ya, siapa coba yang tidak ingin menjadi sosok sekaligus kepribadian yang sehat?

Karena apabila kita secara fisik sudah sehat, maka mental dan seluruh sistem di dalam tubuh, juga akan ikut sehat dan segar.

Nah, daripada repot-repot ke dokter untuk check-up, mari kita langsung cek-ricek saja ciri-ciri pria sehat berikut ini.

BACA JUGA:

 

1. Kuku Berwarna Pink Alami

Faktanya, warna kuku di tangan memanglah memberikan tanda dari kondisi pria sehat. Umumnya kuku orang yang sehat adalah berwarna pink alami dan permukaan kuku ketika disentuh, sangatlah halus (smooth).

Apabila di kuku ada sedikit bercak putih-putih apalagi terdapat sedikit riak (ripples), langsung cek ke dokter. Karena biasanya kuku seperti ini menandakan kita ada potensi diabetes atau mungkin malah sudah terkena penyakit tersebut.

Sedangkan apabila kuku berwarna kuning-kuning, umumnya pertanda kita memiliki masalah di saluran pernapasan. Jadi mulai sekarang rajin-rajin cek kuku kalian ya guys !

2. Warna Urin Bening

Mungkin banyak dari kita yang sudah mengetahui hal ini. Namun bagi kita-kita yang belum mengetahui, warna urin yang bening (atau “putih”) faktanya memanglah tanda dari air urin yang baik atau sehat.

Apabila warna urin sedikit kekuningan atau benar-benar kuning, menandakan bahwa kita kurang minum. Oleh karenanya, perbanyaklah konsumsi air putih agar tubuh kita selalu sehat setiap saat.

3. Pria Sehat Mampu Melakukan 20 Push-Up Tanpa Jeda

Apabila kita lancar melakukan push-up 20 kali tanpa jeda, tidak hanya menandakan bahwa diri kita adalah sosok yang berfisik kuat, namun juga menandakan diri kita sehat wal’afiat.

Apabila kita tidak bisa melakukannya, mohon maaf guys. Anda termasuk golongan pria yang tidak sehat.

4. Berlari 1 Mil Di Bawah 15 Menit

Berlari tak dipungkiri adalah olahraga yang kerap dilakukan kita-kita sehingga, keringat yang dikeluarkan bisa jauh lebih bercucuran.

Dan umumnya, apabila keringat yang dikeluarkan lebih banyak, maka tubuh akan terasa jauh lebih segar dan sehat.

Tapi jangan salah guys ! Apabila ketika melakukannya, kita sampai harus menghabiskan waktu lebih dari 15 menit untuk melengkapi lintasan 1 mil-nya, ini menandakan bahwa kita memang kurang sehat.

Karena umumnya, pria sehat melengkapi seluruh lintasan 1 mil-nya, hanya dalam hitungan kurang dari 15 menit.

5. Buang Air Besar Secara Reguler

Ciri lain dari sosok pria sehat adalah rutin melakuakan  buang air besar (BAB) sesuai jadwal, reguler dan ketika membuang sekaligus bentuk kotoran normal (tidak terlalu keras dam tidak terlalu lembek), maka ini pertanda kita sehat banget.

Sedangkan apabila kita tidak sehat, maka aktivitas BAB akan jarang-jarang dan kotoran pun akan tidak normal. Apabila sudah begini, langsung saja perbanyak minum air putih dan juga perbanyak konsumsi makanan berserat.

6. Selalu Bangun Tidur Tepat Waktu

Apabila kita setiap harinya bisa bangun tepat waktu (seperti biasa kita bangun setiap hari), maka bisa dikatakan kita juga memiliki durasi dan kualitas tidur yang baik lagi sehat.

Dan faktanya, tidur tidak terlalu malam (tidak begadang), tidak hanya bisa mengurangi kelelahan fisik.

So! Ingat yah, pria sehat harus  tidur tepat waktu setiap harinya, untuk mencegah resiko terkena penyakit-penyakit berbahaya, salah satunya adalah jantung.

7. Ritme Jantung Kembali Normal 5 Menit Setelah Melakukan Kardio

Olahraga kardio tak disangkal kerap dilakukan oleh kita-kita ketika berolahraga. Tentunya, hal ini dikarenakan aktivitas kardio memang cepat untuk membakar seluruh lemak di dalam tubuh.

Berlari dan berjalan di treadmill adalah 2 olahraga kardio yang populer dilakukan. Nah, umumnya pria sehat akan kembali normal ritme jantungnya 5 menit setelah selesai melakukan sesi kardio atau bahkan kurang.

Apabila membutuhkan lebih dari 5 menit untuk menormalkan ritme jantungnya, maka makin perbanyaklah aktivitas olahraga agar lemak dan penyakit yang ada di tubuh benar-benar hilang.

Nah, kira-kira kita 7 tanda ini sudah ada di diri kita belum? (Sbg/Mrv)

Comments