Iceman merupakan salah satu sosok superhero LGBT besutan Marvel. (Foto: Instagram)
Iceman merupakan salah satu sosok superhero LGBT besutan Marvel. (Foto: Instagram)

Sabigaju.com – Saat ini jumlah superhero yang dikenal masyarakat melalui film pun menjadi begitu banyak. Karakter-karakter terkenal yang sudah dieksplor habis-habisan, kini banyak ditambah dengan karakter-karakter ‘kurang terkenal’ bagi orang awam, namun disukai oleh para pecinta komik superhero.

Yang mengejutkan adalah, tak selalu karakter-karakter yang kita kenal di komik maupun di layar lebar sesuai dengan asumsi kita. Banyak pula di antara mereka yang merupakan kaum LGBT.

Banyak sekali karakter dari dua pemasok komik dan karakter superhero papan atas, yakni Marvel dan DC Comics, ternyata mengakui jika karakter yang mereka buat ternyata adalah superhero LGBT. Bahkan, hal ini sudah dilakukan sejak LGBT masih belum jadi isu yang meluas, yakni di era 1950an.

Kebanyakan, cerita tentang superhero LGBT ini muncul secara eksplisit dari penceritaan di komik, fans menebak-nebak, dan pihak pembuatnya membuat pernyataan tentang karakter yang digambarnya. Sehingga, dalam segi penceritaan, sifat apapun terkait LGBT tak terlalu mencolok.

Superhero LGBT ala Marvel

Karakter gay paling awal yang dihadirkan dalam buku komik Marvel adalah dua penjahat pada seri Rampaging Hulk No 23 keluaran 1980. Para pria itu mengancam Bruce Banner dengan dialog yang menjurus pelecehan.

Sekitar satu dekade kemudian, tokoh pahlawan super Northstar mendeklarasikan dirinya sebagai gay pada komik Alpha Flight rilisan 1992. Menurut pencipta kisah, John Byrne, Northstar sudah dimaksudkan sebagai tokoh gay sejak debutnya pada 1979.

Butuh waktu beberapa dekade bagi Marvel untuk mengungkap identitas asli Northstar. Sementara, tahun-tahun belakangan, komik Marvel di bawah komando kepala editor Joe Quesada dan Axel Alonso semakin terbuka mengenai karakter LGBT.

Sosok Angela: Queen of Hell (foto: Marvel.com)
Sosok Angela: Queen of Hell (foto: Marvel.com)

Serial Angela: Queen of Hell, Ms America, dan Iceman terang-terangan terbuka soal karakter dengan kecenderungan ‘queer’ yang masuk dalam kategori LGBT. Keterbukaan itu tentunya juga berpengaruh pada film yang diangkat dari komik.

Iceman, Anggota dari X-Men yang banyak kita temui di berbagai ‘installment’ X-Men di layar lebar, ternyata adalah seorang gay. Yap, di film memang Iceman digambarkan memiliki kekasih, yakni Kitty Pride. Namun di jagat komik, apapun bisa terjadi dan berubah.

Superhero yang punya nama asli Bobby Drake ini, muncul pertama kali di tahun 1963, dengan berbagai kekuatan super seperti dapat mengubah apapun jadi es dan membuatnya menjadi senjata.

Namun di komik keluaran tahun 2014, sang sesama X-Men, Jean Grey, mengidentifikasi Bobby sebagai seorang gay melalui kekuatan telepatik miliknya yang terkenal paling kuat seantero jagat X-Men.

Makin Terbuka dan Tak Akan Diberangus

Karakter Superhero LGBT  lain besutan Marvel adalah Valkyrie yang diperankan Tessa Thompson dalam film Thor: Ragnarok.

Pejuang perempuan Asgard itu dimaksudkan sebagai tokoh biseksual, tetapi aspek tersebut tidak terlalu ditonjolkan. Sosok LGBT lain yang dibesut Marvel  adalah Victoria Hand dari Agents of SHIELD.

Aktor Tessa Thompson saat memerankan karakter Valkryie dalam film Thor Ragnarok ( Foto Disney/Marvel)
Aktor Tessa Thompson saat memerankan karakter Valkryie dalam film Thor Ragnarok ( Foto Disney/Marvel)

Film Deadpool pun menampilkan secara gamblang tokoh pasangan lesbian, sama halnya dengan Black Panther tetapi kemudian terkendala pemotongan adegan.

Presiden Produksi Marvel Studios, Kevin Feige, mengonfirmasi bahwa Marvel Cinematic Universe akan terus menghadirkan karakter beragam, termasuk LGBT. (Sbg/Rig)

Comments