Sabigaju.com – Selain mendapatkan pahala, masih banyak orang yang belum tahu akan manfaat puasa. Padahal puasa memberikan banyak khasiat yang baik untuk kesehatan Anda lho Sobat Sabi. Seperti yang dilansir dari Lifehack berikut ini, lima manfaat baik menjalani puasa untuk kesehatan tubuh.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kata siapa menjalani puasa akan membuat Anda lemas dan mudah terserang penyakit? Tanpa banyak orang yang tahu, ternyata berpuasa dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda lho Sob. Hal itu dikarenakan, saat Anda menjalani puasa, otomatis asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh Anda pun akan berkurang.

BACA JUGA: Ini Cara Mudah Mencegah Bau Mulut Saat Puasa

Hal itu, tentunya dapat mengurangi kerusakan sel dalam tubuh Anda, akibat radikal bebas dan mencegah peradangan, serta mengurangi pembentukan sel kanker dalam tubuh.

Mengontrol Emosi

Selama menjalani puasa, pastinya Anda dituntut untuk dapat menjaga emosi agar puasa Anda tidak batal. Tentunya, hal itu sangat bermanfaat bagi kesehatan, pikiran dan mood Anda dalam beraktifitas. Karena, saat Anda bisa mengontrol emosi Anda selama berpuasa, kesehatan mental Anda pun tidak akan tergangu dan Anda akan bisa lebih tenang menjalani berbagai aktifitas seperti biasa.

Menurunkan Berat Badan

Bukan menjadi rahasia lagi, kebanyakan wanita bersemangat saat menyambut datangnya Bulan Suci Ramadhan tentunya bukan hanya karena bisa berlomba-lomba mengumpulkan banyak pahala di bulan baik ini.

Tetapi juga karena datangnya Bulan Suci Ramadhan secara tidak langsung dapat membantu mereka khsusnya para wanita, untuk fokus menjalani program penurunan berat badan. Sebab, ketika berpuasa, tubuh Anda akan memiliki kemampuan untuk membakar sel lemak yang lebih efektif dari pada menjalani program diet.

Memperpanjang Usia

Ini sih manfaat yang paling banyak diincar banyak orang saat mereka tahu jika menjalani puasa dapat memperpanjang usia mereka. Alasannya karena puasa akan dapat  mempercepat metabolisme dalam tubuh Anda, sehingga terhindarkan dari tanda-tanda penuaan dini.

Selain itu semakin sedikit Anda mengonsumsi makanan, maka paparan racun dalam tubuh yang membuat sel-sel di dalam tubuh Anda cepat tua pun akan semakin berkurang. Jadi, yang semangat yaa Soba Sabi menjalani puasanya.

BACA JUGA: 6 Resto Timur Tengah Ini Cocok Buat Buka Puasa Bersama

Meningkatkan Fungsi Otak

Saat Anda menjalani puasa, secara otomatis akan terjadi produksi protein di otak yang disebut dengan brain-derived neurotrophic factor atau BDNF. BDNF akan mengaktifkan sel batang otak yang diubah menjadi neuron baru dan akan mempromosikan kesehatan saraf Anda.

Tak hanya itu saja, brain-derived ini juga akan melindungi sel-sel otak Anda dari penuaan yang akan menyebabkan penyakit Alzheimer atau Parkinson.

Nah bagaiman Sobat Sabi, kini Kalian semua sudah tahu kan jika menjalani puasa itu bukan membuat tubuh Anda akan jatuh sakit. Tetapi justru malah sebaliknya. Jadi, Ayo semangat terus yaa menjalani ibadah puasanya. (sbg/Selvi)

Comments