Wisata Ramah Lingkungan
(Foto: pexels.com)

Sabigaju.com – Dewasa ini, wisata ramah lingkungan menjadi salah satu jenis wisata yang sangat disukai. terlebih bagi para pekerja kantoran yang tiap hari hanya  duduk di belakang meja

Umumnya mereka akan berwisata tidak lagi sekedar untuk memenuhi hasrat relaksasi dan hiburan saja, melainkan tumbuhnya nilai dan edukasi bagi kelangsungan lingkungan.

Nah, belum lama ini Airbnb memperkirakan akan banyak wisatawan dan traveler dari berbagai belahan dunia yang lebih memilih melakukan wisata ramah lingkungan.

Berikut ini adalah beberapa informasi tentang wisata ramah lingkungan untuk para pekerja kantoran pasti ingin melakukan liburan tanpa mengesampingkan isu lingkungannya.

BACA JUGA: Anggapan Menjaga Lingkungan Tidak Maskulin yang Bikin Jengkel 

Wisata Ramah Lingkungan Sibang Kaja

Mungkin, kamu berpikir bahwa wisata ramah lingkungan hanya ada di luar negeri saja. Tapi, ternyata ada banyak wisata ramah lingkungan yang ada di dalam negeri.

Untuk Indonesia saja, kamu dapat berwisata ramah lingkungan di daerah Sibang Kaja, Kabupaten Badung, Bali.

Selain itu Desa Sibang Kaja juga mandiri dalam hal energi. Hal ini dibuktikan dengan pemasangan solar cell sebagai sumber energi terbarukan dan ramah lingkungan yang digunakan untuk alat penerangan dan untuk membantu kebutuhan wisatawan tur persawahan.

Wisata Ramah Lingkungan
(Foto: Instagram.com/driftersandlovers)

Di desa ini kamu juga bisa menjajal bermalam di Green Village Bamboo House yang sangat nyaman dan begitu asri

Seperti namanya, tempat penginapan ini berkonsep rumah pohon dan menggunakan bahan baku bambu yang memiliki 6 lantai dan dibangun di tepi Sungai Ayung, Bali.

Penginapan ramah lingkungan ini juga memiliki fasilitas penunjang yang cukup mewah, seperti ruang kantor, ruang media, dan ruang anak-anak.

BACA JUGA: Akhir Pekan, Waktunya Liburan Hijau Bersama keluarga

Tanjung Ringgit

Kawasan lain yang bisa kamu kunjungi sebagai destinasi ramah lingkungan lain adalah Tanjung Ringgit yang berada di kawasan Lombok. Destinasi ini bisa dibilang tempat tersembunyi yang masih jarang diakses dan dikunjungi.

Sehingga tidak heran jika tempat ini masih sangat asri dan mampu memberikan kesejukan, kenyamanan dan kedamaian kepada setiap pengunjung yang datang kesini.

Wisata Ramah Lingkungan
(Foto: Instagram.com/edy_lenar)

Meski kamu tidak bisa berenang dengan bebas di sini. Tapi, kamu juga bisa berfoto ria bersama teman atau pasangan.

Ada banyak spot menarik yang bisa anda jadikan latar foto anda disini. Mulai dari perbukitan yang sangat indah, atau berfoto bersama beberapa peninggalan Jepang dan juga berlatar belakang laut indah.

Pantai Mekaki

Destinasi ramah lingkungan yang berada di Kawasan Lombok Barat ini sangat menarik bagi para wisatawan yang ingin melepas lelah dan bersantai.

Ditambah lagi di sisi Utara pantai Mekaki, tersaji hamparan hijau dari perbukitan yang mengelilingi Teluk Mekaki.

Wisata Ramah Lingkungan
(Foto: Instagram.com/vian.inside)

Perpaduan laut dan perbukitan tersebut menyajikan pemandangan alam ini yang sangat alami dan perawan.

Kamu bakal merasa bangga melihatnya sebagai keindahan surga Indonesia.

Berkunjung Saat Bukan Peak Season

Wisata ramah lingkungan dapat kamu terapkan dengan berkunjung pada waktu biasa. Hindarilah waktu-waktu libur nasional yang tentunya dapat menyebabkan suasana liburan menjadi sangat ramai.

Beberapa tempat bahkan memilih untuk menghindari over tourism. Sebut saja Venesia dan Barcelona yang menghindari jumlah wisatawan yang membludak.

BACA JUGA: Asyik, Sehat dan Irit, Wisata Jalan Kaki Itu Keren Men! 

Menggunakan Alat Transportasi Alternatif

Baiknya saat menerapkan wisata ramah lingkungan kamu menggunakan alat transportasi alternatif.

Jika kamu selama ini sering bepergian menggunakan pesawat, barangkali kamu dapat memilih moda transportasi lain karena pesawat merupakan transportasi yang menyumbang emisi karbon yang sangat tinggi.

Kamu dapat mempertimbangkan penggunaan moda transportasi lain seperti bus, kereta dan kapal laut. Hal ini terutama sangat berkaitan erat jika tujuan wisatamu tidak terlalu jauh. Yuk kita galakan Wisata ramah lingkungan (Sbg/Vania)

Comments