CurugWisata curug Havisu di Grand Canyon, Amerika Serikat

(Foto: Instagrm.com/gancarlita)

Sabigaju.com – Siapapun pastinnya terpesona melihat destiasi wisata curug Havasu yang berada di kawasan Taman Nasional Grand Canyon, Amerika Serikat, Bagaimana tiduk Curug Havasu begitu indah bagaikan oase keajaiban alam di kawasan tebing-tebing tandus di Grand Canyon.

Nah kawasan Sentul di Sentul, Bogor Jawa Barat rupanya memiliki sejumlah destinasi wisata  curug yang tak kalah indahnya dengan air terjun Havasu.

Bedanya sejumlah curug di kawasan sentul hadir dalam bentuk mini namun tidak berada di padang tandus seperti Havasu. Panoorama alam hijau dan udara segar bakal kamu rasakan saat mengunjunginya.

Pilihan berenang, berendam ataupu mandi di air terjun sambil menikmati panorama alam kini banyak orang dilakukan begitu banyak orang saat akhir pekan ataupun long weekend di sejumlah curug yang berada di wilayah ini.

Nah kali ini Sabigaju mau kasih beberapa rekomedasi destinasi wisata curug indah dan patut kamu kunjungi di wilayah Sentul:

BACA JUGA: Yuk Menikmati Magisnya Wisata Alam di Hutan Pinus Malino

Curug Cikuluwung

Curug yang mirip Havasu ini berada di Kampung Suka Asih, Desa Cibitung Wetan, Kecamatan Pamijahan, Sentul, Bogor

Curug Cikuluwung memiliki air yang jernih, kamu bisa merasakan kesegarannya dengan berendam sambil bermain-main air.

Kemudian kamu juga bisa merasakan sensasi trekking seru tapi sebanding dengan keindahan yang didapatkan.

Meski tidak terlalu besar, namun wisata di Bogor ini memiliki karakteristik yang unik. Dari jauh sudah terlihat kolam yang jernih dan berwarna kebiruan. Di sisi-sisinya ada tebing berbatu yang menjulang tinggi. Begitu indah dan hawanya juga sejuk menyegarkan.

Curug Leuwi Hejo

Destinasi wisata curug yang bisa dibilang mirip Havasu ini sering juga disebut sebagai Curug Bengkok, dan merupakan salah satu air terjun kecil dengan kolam air terjun yang cukup luas.

Curug Leuwi Hejo berlokasi di Kampung Wangan Cileungsi, Karang Tengah, Babakan Madang, Sentul, Kota Bogor.

Termasuk tersembunyi alias belum terjamah, jadi benar-benar sangat asri, eksotis, alami dan menantang.

Untuk menemukan lokasi ini kamu harus melalui lintasan trekking sekitar 1 km, rasa lelahmu akan terbayar dengan keindahan Leuwi Hejo dengan airnya yang bening. bagai  sebuah kolam surga yang tersembunyi, di antara rimbun pepohonan di perbukitan.

BACA JUGA: Cave Tubing Kalisuci Wisata Favoritnya Para Pecinta Alam di Yogyakarta

Curug Hordeng

Destinasi wisata Curug Hordeng terletak di desa Cibereum Cibadak Sentul Bogor. Pesona perbukitan hijau yang luar biasa indahnya akan kalian jumpai saat traking menuju tempat ini.

Rasa lelah treking akan terbayar dengan keindahan dan kesegaran airnya. Walau ketinggian curug ini hanya 10 M, tapi keindahan curugnya sangat unik, bentuknya yang lebar menyerupai tirai, pantas saja di sebut dengan Curug Hordeng.

Kondisi air di wisata curugini begitu bersih dan jernih, kedalamannya pun hanya sekitar 1– 2 meter. Kamu bisa berendam hingga berenang di sini.

Namun, jika turun hujan sebaiknya kamu sudahi berenangnya ya, gaes. Soalny menurut warga sekitar, ketika hujan turun aliran air terjun bisa saja mengalir deras secara tiba-tiba.

Curug Love

Curug Love sering disebut Curug Catang oleh warga setempatini berada di Desa Bantar Karet, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor. Lokasi ini juga salah satu curug yang masih jarang dikunjungi orang.

Nah jika Havasu berada ditengah-tengah padang gurun, Curug Love berada di tengah-tengah persawahan dan perkebunan yang di sekelilingnya bersandingkan bukit.

Keindahan wisata Curug Love adalah bentuk bebatuannya yang berkelok dan mengapit dengan goresan-goresan yang terbentuk alami akibat abrasi air yang mengalir di sepanjang lorong bebatuan serta air terjunnya yang berasal dari aliran air lereng bukit dengan ketinggian sekitar tiga meter.

BACA JUGA: Wisata Ramah Lingkungan Bakal Jadi Tren 

Curug Bidadari

Curug Bidadari terletak di desa Bojong koneng, Bogor.wisata ini memang tidak begitu natural, karena sudah ada wahana-wahana buatan seperti kolam renang. Meskipun begitu, air yang digunakan sangat alami.

Kamu akan disuguhi banyak sekali pemandangan alam yang mencengangkan seperti bukitbukit cantik, persawahan, dan ladang hijau milik warga dengan latar belakang Gunung Salak yang menjulang tinggi.

Di area air terjun, anda bisa bermain air di beberapa kolam yang sudah tertata. Selain itu juga terdapat arena hiburan lain seperti flying fox, bermain perahu, penyewaan pelampung donat,dan lain-lain.

Buat kamu yang ingin melepaskan penat usai menyelesaikan pekerjaan, nampaknya wisata  curug di Bogor tadi bisa menjadi pilihan tepat. Airnya yang bersih nan jernih, ampuh untuk memanjakan mata sejenak dan mengistirahatkan tubuh yang terasa lelah. (Sbg/Rig)

Comments