wisata belanja ke pasarpenyihir Mercado De Las Brujas di Bolivia
(Foto: lavanguardia.com)

Sabigaju.com – Tak sedikit Orang yang memiliki keinginan berlibur ke suatu tempat untuk mengunjungi kawasan wisata belanja untuk membeli barang maupun jasa yang ada di lokasi tersebut.

Beberapa contoh wisata belanja antara lain: Wisata kuliner, Wisata pameran (Expo), Wisata Pusat Oleh-oleh, Wisata Kerajinan, dan masih banyak lainnya.

Nah, jika kamu tergolong pecinta hal-hal yang berbau horor, ada sebuah tempat wisata belanja di negara Bolivia bernama Mercado de las Brujas yang juga sering disebut dengan The Witches Market’ alias pasar penyihir.

Lewat wisata belanja di negara ini kamu bisa membeli berbagai barang ataupun jasa yang sangat lekat hubungannya dengan ilmu sihir yang tidak kasat mata pasar. Biar nggak penasaran yuk simak ulasannya berikut ini.

BACA JUGA: Travelling Tanpa Ponsel, Berani?

Belanja Jimat dan Ramuan Pengusir Setan

Saat kamu menjajal wisata belanja ke Pasar Mercado de las Brujas yang terletak di Melchor Jimenes, La Paz, Kamu bajal menemui begitu banyak pedagang yang menjual aneka barang yang tidak biasa, yakni benda-benda berbau magis atau jimat.

Mulai dari janin ilama, bulu burung hantu sampai kodok kering, rempah-rempah berkhasiat, jimat pesona dan keberuntungan, armadillo, katak kering, patung keramik pasangan telanjang, dan formula afrodisiak bisa dengan mudah kamu temukan.

Salah satu kios di pasar penyihir Mercado De Las Brujas
(Sumber: Facebook.com/Yo de Vlajes)

Semua perlengkapan di sini konon merupakan bagian dari budaya Suku Aymara, yang kerap menggelar ritual khusus untuk mengundang roh.

Banyak warga setempat yang memakai jimat ini untuk berbagai kebutuhan. Seperti contoh, penampang yang membeli untuk menebus kekayaan yang diambil ke bumi, hingga janin ilama yang selalu laris. Konon, janin ilama dapat menangkal bahaya dan sial.

BACA JUGA: Foto Pocong Antara Mistis, Phasmophobia Hingga Pareidolia

Jasa Dukun Keliling

Sambilmenikmati wisata belanja, kamu juga bakal melihat  pemandangan dimana banyak  warga yang mengaku punya “masalah”, mencari pengobatan lewat dukun ataupun tabib yang biasa disebut Yatiri di pasar penyihir ini, mulai dari masalah kehilangan pekerjaan, hingga masalah percintaan

Para Yatiri ini bisanya menjajakan jasanya dengan berkeliling pasar dan menawarkan peramalan kepada penduduk setempat. Mereka dapat dikenali dari topi dan kantong yang dipenuhi daun coca.

Sebelum tenar di masa sekarang ini, ada beberapa barang yang terbilang ekstrem dijual di sini. Seperti kucing liar yang dikeringkan ataupun kaki dari potongan mayat.

Namun, pemerintah sudah menghilangkannya. Meskipun begitu, para pedagang tetap sering menunjukkannya kepada turis.

So , Kamu tertarik untuk melakukan berkunjung sambil ukji nyali dan  wisata belanja ke pasar penyihir Mercado De Las Brujas di Bolivia? Sbg/Rig)

Comments