Sabigaju.com – Aplikasi pesan instan WhatsApp sepertinya sudah menjadi kebutuhan bagi banyak orang . Namun sayangnya Ajika kita terlalu bergantung pada aplikasi balkal jadi repot.

Seperti yang baru-baru ini terjadi, gangguan secara global seperti Minggu petang (19/1/2020) lalu membuat pengguna aplikasi pesan instan ini menjadi repot.

Nah, agar kejadian seperti kemarin tidak terulang sudah waktunya kamu mencari aplikasi komunikasi lain yang bisa jadi alternatif biar komunikasi tidak terhambat. Nih Sabigaju mau kasih referensi aplikasi pesan instan bisa kamu coba

BACA JUGA: Wajib! Tiga Aplikasi Supercool yang Mesti Ada di Smartphone Para Pria 

1. Line

Aplikasi pesan instan ini begitu populer di Jepang dirilis pada Juni 2011 dan telah diunduh setidaknya 500 juta kali di playstore.

Mirip seperti WhatsApp, Line juga menggunakan sistem nomor telepon seluler penggunanya untuk saling berhubungan.

Aplikasi Pesan Instan

Yang membuat Line berbeda dari aplikasi lainnya adalah mempelopori emoticon yang begitu bervariasi.

Selain itu, Line juga menyediakan layanan untuk memblokir seorang teman yang ada di kontak.

Naver, perusahaan asal Jepang yang mengembangkan aplikasi ini, melengkapi Line dengan beberapa aplikasi tambahan, yakni Line Camera dan Line Card untuk kartu ucapan.

2. Signal

Signal adalah aplikasi perpesanan yang bisa direkomendasikan karena tingkat privasi, keamanan pengguna, dan transparansi.

Aplikasi Pesan Instan

Aplikasi pesan instan ini mendukung pesan teks dan grup; pesan media untuk gambar, audio, video, dan dokumen; dan bahkan panggilan suara/video antar pengguna.

Semua komunikasi dalam aplikasi Sinyal dienkripsi end to end, dan kamu dapat mengatur penghitung waktu agar pesan dihapus secara otomatis.

BACA JUGA: Pembatasan Fitur Sosmed, Aman Enggak Sih Pakai VPN Gratisan 

3. Viber

Fitur obrolan Viber meliputi obrolan grup, pesan suara/video instan, dan ribuan gif dan stiker animasi. Anda bahkan dapat memasang ekstensi obrolan untuk membagikan video YouTube, trek Spotify, info lokasi, dan lainnya.

Viber juga mendukung panggilan audio dan video. Semua pesan di Viber dienkripsi end-to-end dan dapat diatur waktunya untuk dihapus sendiri.

Aplikasi Pesan Instan

Aplikasi pesan instan ini juga menyertakan fitur kontak tepercaya yang membantu pengguna memverifikasi identitas peserta obrolan lainnya dengan menukar kunci rahasia. Aplikasi ini akan memperbarui jika kontak kamu mengubah rincian akun mereka di masa depan.

Apikasi Viber akan menampilkan ketersediaan, seperti halnya Facebook messenger, tetapi pengguna dapat menonaktifkan ini jika perlu menyembunyikan status.

Selain itu pengguna juga dapat menonaktifkan tanda terima baca, menyembunyikan percakapan, dan mengunci pesan dengan kode PIN.

4. Telegram

Aplikasi pesan instan ini  menyediakan enkripsi end to end untuk semua pengaturan komunikasi dan penghapusan otomatis.

Hal ini memungkinkan pengguna mengirim pesan teks dan media, dan mendukung pesan grup yang dapat memasukkan hingga 200.000 orang dalam satu utas obrolan.

Aplikasi Pesan Instan

Obrolan berbasis cloud Telegram berjalan pada server yang didistribusikan secara global, yang diklaim dapat mengirimkan pesan lebih cepat daripada aplikasi perpesanan lain yang tersedia.

Ini juga berarti Anda dapat menyinkronkan pesan di semua perangkatmu dan kamu mendapatkan penyimpanan tanpa batas untuk media yang kamu bagikan.

BACA JUGA: Waspada Texting Anxiety Saat Dilanda Asmara 

5. GroupMe

GroupMe adalah layanan perpesanan grup yang menyediakan obrolan lintas platform. A

GroupMe memungkinkan pengguna untuk berbagi video, gambar, dan dokumen, yang dapat dilihat melalui mode “galeri” yang menunjukkan semua media yang dibagikan dalam sejarah grup.

Aplikasi Pesan Instan

Kamu bahkan dapat mengirim pesan langsung ke pengguna tertentu dalam suatu grup. GroupMe juga mendukung berbagi lokasi, serta fitur sekunder seperti pesan “suka” dan set emoji khusus aplikasi pesan instan ini .

Nah, Silahkan mencoba salah satu aplikasi pesan instan di atas tadi sebagai alternatif jika mengalami whatsapp down. (Sbg/Rig)

Comments