Stres bisa mengakibatkan penurunan Hasrat Seksual
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Siapa sangka ternyata stress dapat mengakibatkan penurunan hasrat  seksual. Rupanya, melakukan aktivitas seks dapat mengurangi stress yang dialami oleh diri seseorang, termasuk kamu.

Hal ini disebabkan pergerakan hormon endorphin yang mempunyai fungsi mengatur stress dan gangguan emosional.

Timbulnya stress karena adanya banyak masalah seperti masalah internal keluarga, hubungan dalam bermasyarakat, masalah dengan teman kerja, tekanan dalam pekerjaan, dan lainnya.

Akibat dari stress salah satunya adalah respon fisiologis. Respon fisiologis ini pada saat kamu stress akan membawa perubahan-perubahan hormone yang ada di dalam tubuhmu dan berdampak pada kesehatan secara fisik. Ini  termasuk penurunan hasrat seksual alias  libido. Libido ini berhubungan dengan respon seksualitas.

Berikut ini 3 cara mengatasi agar hasrat seksual tetap terjaga walaupun sedang stress.

BACA JUGA: Hubungan Seks di Saat Social Distancing

Suasana Hati dan Pikiran

Bentuklah suasana hati dan pikiranmu seperti tetap bahagia dan energik. Kamu dapat melakukan dengan cara mencari suasana baru dengan berjalan-jalan di luar rumah sambil memikirkan hal-hal yang dapat membuatmu merasa senang.

Selain itu, kamu juga dapat melakukan hobi yang kamu sukai seperti pergi ke gunung atau pantai, main alat musik, bernyanyi, atau olahraga.

Aktivitas-aktivitas tersebut dapat mengurangi tingkat stress yang ada di dalam dirimu dan memiliki potensi untuk mengusir faktor Penurunan hasrat seksual.

BACA JUGA: Sederet Tanda Cowok yang Hebat di Ranjang

Melakukan Pemanasan Terlebih Dahulu

Tanpa dipungkiri, ketika stress banyak orang yang melakukan pemanasan dengan kilat dan melakukan seksnya pun dengan kilat. Padahal hal tersebut membuat hambar pada saat bercinta dan menjadi tidak puas.

Lebih baik melakukan pemanasannya secara perlahan dan pasti. Contoh pemanasannya adalah mandi bersama di bawah pancuran air hangat atau saling memberikan rangsangan.

Hal ini dapat melepaskan stress sehingga ketika bercinta dapat mencapai orgasme dengan puas.

BACA JUGA: Mudah Bergairah, Apakah Hal yang Wajar?

Atur Pernapasan

Atur pernapasan pun sangatlah penting pada saat kamu dilanda stress. Cara mengatur pernapasan yang baik adalah berbaring dengan posisi wajah menghadap ke atas (berposisi telentang).

Hempaskan pikiran yang dapat membuat kamu stress. Tarik napas melalui hidung dan membuangnya melalui hidung juga.

Aktivitas ini dapat meningkatkan sirkulasi darah dan respon dengan harapan dapat memicu sensasi sensual pada tubuh. (Sbg/Vania)

Comments