Bersikap Baik
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Memiliki Rekan kerja yang bersikap baik dan menyenangkan tentunya menjadi nilai tambah yang bisa membuat kita semangat bekerja di kantor.

Namun, ada baiknya kamu tetap waspada. Dunia kerja adalah persaingan. Bisa saja seseorang yang selalu bersikap baik ataupun ramah seorang yang menyimpan ambisi besar untuk bisa mengalahkanmu dalam karier, terlebih dengan cara yang licik.

Sebaiknya kamu harus mulai berhati-hati or waspada jika ada rekan kerja yang selalu bersikap baik terhadapmu.

BACA JUGA: Empat Sosok Rekan Kerja yang Bikin Atmosfer Kantor Positif 

Rekan Kerja yang Selalu Bersikap Baik Tapi Nyatanya Jahat

Karakter orang yang menyimpan niat buruk lewat sikap baik mereka banyak ditemukan pada lingkungan pertemanan, terutama di lingkup kantor, misalnya rekan kerja.

Menurut hasil studi dari University of Plymouth, orang-orang yang sering bersikap tegas dan “kejam” merupakan tipe teman yang justru menginginkan hal-hal baik untuk Anda.

Studi mengungkapkan bahwa ucapan pedas dari seorang teman tidak berarti mereka benci Anda. Sebaliknya, mereka ingin Anda tersadar bahwa Anda bisa menjadi lebih baik dari yang sekarang.

Hasil temuan diperoleh lewat eksperimen yang melibatkan 140 responden. “Kami mengidentifikasikan beberapa sampel harian dari responden. Kebanyakan teman terbaik adalah mereka yang transparan memperlihatkan pada Anda bentuk kegagalan.

Tujuannya agar dirimu berbenah diri dan mengembangkan potensi terhindar dari kegagalan tersebut,” urai Belen Lopez-Perez, seorang ilmuwan psikolog dan penulis studi.

Peneliti juga menemukan bahwa responden yang tegas pada pasangan justru ditemukan memiliki empati yang tinggi dan menginginkan pasangannya sukses.

“Temuan ini memberikan pencerahan terhadap kondisi mengapa sahabat atau kerabat terbaik itu sering terlihat seolah ingin membuatmu merasa terintimidasi. Tujuannya ternyata adalah ingin kamu menjadi orang yang lebih baik,” urainya.

Lantas rekan kerja seperti apa yang harus kamu waspadai? Caobalah untuk muli waspada terhadap rekan kerja yang selalu bersikap seperti berikut ini:

BACA JUGA: Kenali Toxic Employee, Karyawan Beracun yang Bikin Kantor Jadi Runyam 

Si Penjilat

Rekan kerja penjilat juga dikenal hobi ‘cari muka’. Mereka tidak pernah ragu untuk mengajukan diri menjadi juru bicara tim setiap kali ada kesuksesan yang diraih oleh tim.

Padahal, kesuksesan itu adalah hasil kerja tim.

Rekan kerja seperti ini bakal sering kamu kala mencari perhatian orang-orang penting di tempat kerja dengan berpura-pura  bersikap baik sebagai orang yang paling sibuk ketika atasan sedang mengawasi.

Si Backstabber

Kamu harus hati-hati dengan si backstabber alias tukang tusuk dari belakang!

Pasalnya, kemungkinan besar kamu tidak menyadari sifat aslinya karena ia pandai bersikap baik dan berpura-pura ramah terhadapmu.

Padahal, di belakangmu, ia sering menyebarkan cerita-cerita negatif tentangmu.

Rekan yang hobi menusuk dari belakang tak segan untuk mengkhianatimu demi mengejar kepentingan pribadinya.

Bisa juga ia dengan sengaja mengajakmu untuk bersantai diri ketika kamu tengah mengejar deadline, padahal ia sudah selesai mengerjakan tugasnya sejak kemarin.

BACA JUGA: Saat Kamu Merasa Tidak Cocok dengan Rekan Kerja

Si Tukang Ngadu

Kamu juga harus waspada dengan pada rekan kerja yang tukang ngadu.

Biasanya merekaselalu bersikap  baik sembari bertindak seolah-olah dirinya kerap dirugikan oleh rekan-rekan kerjanya yang lain. Padahal, tidak demikian ke, sehingga

Intinya rekan kerja seperti ini memiliki mental korban. Mereka biasanya sering mengadu ke atasan maupun HRD.

Sebaiknya, hindari bergaul dengan rekan kerja yang sok bersikap baik seperti ini. (Sbg/Rig)

Comments