Penyakit Ginjal
Ada beberapa tanda atau gejala pada tubuh manusia yang patut diwaspadai yang bisa menjadi gambaran seseorang mengalami penyakit ginjal. (Sumber: Griswoldhomecare.com)

Sabigaju.com – Kalau bisa dibilang, informasi mengenai penyakit ginjal tidak sebanyak dibandingkan dengan masalah kesehatan lainnya seperti penyakit jantung, diabetes, dan Alzheimer

Padahal penyakit ginjal menempati urutan teratas di sana dengan sebagian besar organ vital tubuh lainnya. Ada sekitar 26 juta orang dengan penyakit ginjal di Amerika Serikat, dan kebanyakan dari mereka mungkin bahkan tidak mengetahuinya.

Beberapa gejala penyakit ginjal mudah disembuhkan, karena mereka sering dikaitkan dengan kondisi kesehatan lainnya. Gejala penyakit ginjal sering tidak muncul sampai penyakit telah berkembang ke tahap selanjutnya, sehingga sulit untuk dideteksi sejak dini.

Meski demikian,  banyak dokter merekomendasikan agar orang-orang mewaspadai  gejala berikut yang mungkin mengindikasikan adanya penyakit ginjal.

BACA JUGA: Waspadai Serangan Empat Penyakit Berikut Saat Berpuasa

Gampang Lelah

Ginjal yang tidak berfungsi dengan baik dapat menyebabkan akumulasi dari kelebihan racun dalam aliran darah, yang dapat menyebabkan orang merasa lelah dan lelah. Ketidakmampuan berkonsentrasi juga bisa menjadi faktor.

Karena anemia juga dapat dipicu oleh penyakit ginjal, ini dapat menambah rasa lelah dan kelelahan.

Insomnia

Tidur, seperti halnya banyak fungsi tubuh lainnya, bergantung pada sistem lain yang berfungsi dengan baik. Penumpukan racun dalam aliran darah ketika ginjal tidak berfungsi dengan baik dapat menyebabkan insomnia.

Karena ada juga hubungan antara penyakit ginjal dan obesitas, dan obesitas sering dikaitkan dengan masalah tidur, itu adalah gejala umum yang mempengaruhi banyak dari mereka yang menderita penyakit ginjal.

BACA JUGA: Insomnia, Apakah Berbahaya? 

Gangguan Kulit

Ginjal yang sakit akan menyebabkan banyak sistem tubuh lainnya rusak, termasuk proses yang membantu menjaga kesehatan kulit. Kulit gatal kering adalah tanda lain bahwa ginjal tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Penyakit tulang sering berjalan seiring dengan penyakit ginjal, dan beberapa penyakit tulang juga dapat menyebabkan kulit mengelupas, mengering, dan terasa gatal.

Sering Buang Air Kecil

Ketika ginjal rusak karena penyakit ginjal, dapat mendorong kebutuhan untuk buang air kecil lebih sering. Ini benar terutama jika peningkatan kebutuhan untuk buang air kecil cenderung membangunkan Anda dari tidur banyak di malam hari.

Ada juga kondisi lain yang mungkin menyebabkan seseorang mengunjungi kamar mandi lebih dari biasanya, termasuk diabetes, infeksi saluran kemih atau masalah prostat untuk pria.

BACA JUGA: Lakukan Ini Jika Tak Ingin Air Urin Kamu Berbau Tak Sedap 

Urin Berdarah

Gejala ini mungkin menyebabkan lebih banyak kekhawatiran daripada yang lain yang tercantum di sini, karena dapat mengingatkan banyak kondisi kesehatan serius lainnya seperti kanker.

Sangat mungkin juga bahwa darah dalam urin dapat disebabkan oleh infeksi saluran kemih, batu ginjal, atau bahkan tumor, jadi melihat darah dalam urin jelas merupakan salah satu gejala yang tidak boleh diabaikan

Urin Berbusa

Sejumlah busa yang menyertai urin adalah normal, dan seharusnya mudah bagi siapa saja untuk mengetahui kapan urin mereka naik lebih banyak daripada biasanya.

Busa berlebihan dalam urin sering disebabkan oleh zat yang disebut albumin yang juga ditemukan sebagai telur.

Jumlah albumin yang berlebihan dalam urin bisa berarti ginjal tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

BACA JUGA: Dampak Buruk Terlalu Banyak Minum Air Putih

Mata dan Kaki Bengkak

Protein berlebih dalam aliran darah dapat menyebabkan pembengkakan di sekitar mata. Gejala ini adalah salah satu dari sedikit gejala pada daftar ini yang dapat menjadi indikator dari tahap awal penyakit ginjal.

Gejala klasik lain dari  penyakit ginjal  adalah Kaki bengkak. Hal ini dipicu ketika gagal ginjal gagal menghilangkan jumlah sodium yang berlebihan yang menumpuk di dalam tubuh.

Walaupun jenis ini jika pembengkakan juga dapat terjadi sebagai akibat penyakit jantung atau penyakit hati, kehadiran gejala lain bisa menjadi cara untuk mempersempit penyebab masalah.

BACA JUGA: Porsi Makan Manusia Zaman Now Meningkat Drastis

Tidak Nafsu Makan

Akumulasi berbagai racun dalam tubuh dapat menyebabkan seseorang merasa tidak sehat secara umum, dan sama sekali tidak biasa bagi perasaan itu juga menyebabkan kurang nafsu makan.

Kram Otot

Otot-otot tubuh membutuhkan sejumlah mineral tertentu dalam tubuh agar berfungsi dengan lancar.

Ginjal yang gagal dapat membuang keseimbangan mineral dan nutrisi penting ini, yang dapat dengan mudah memicu kram otot yang menyakitkan.

Nah bila kamu mengalami beberapa  hal di atas tadi,  jangan tunda waktu kamu untuk berkonstasi dengan dokter sebelum semuanya terlambat. (Sbg/Rig)

Comments