Infeksi Virus corona
(Foto:Freepik.com)

Sabigaju.com – Penyebaran infeksi virus corona yang seolah semakin tak terbendung ini tentunya membuat masyarakat mulai panik, khususnya warga yang tinggal di negara terdampak .

Hingga kini, total ada 86.529 kasus secara global, 2.979 kematian, dan 41.958 orang yang dinyatakan sembuh. Sebanyak 61 negara telah mengkonfirmasi adanya temuan infeksi virus corona.

Kendati demikian, pemerintah Indonesia masih menyatakan belum ada kasus wabah yang bermula dari Kota Wuhan, Tiongkok tersebut.

BACA JUGA: Geger Hoax Kota Zona Kuning Corona

Belum Ada Obat untuk Corona

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan meskipun ada beberapa laporan dan klaim penelitian terobosan di bidang perawatan, masih belum ada pengobatan yang efektif untuk mengatasi infeksi virus corona.

Tidak ada terapi efektif yang diketahui terhadap 2019-nCoV (virus) ini dan WHO merekomendasikan pendaftaran ke dalam uji coba terkontrol secara acak untuk menguji kemanjuran dan keamanan,” kata juru bicara WHO, Tarik Jasarevic, menurut Reuter

WHO mengaku tengah bekerja dengan sejumlah mitra guna membantu mempercepat upaya penelitian dan pengembangan solusi.

Organisasi kesehatan dunia  tersebut menyarankan agar orang-orang mencuci tangan dengan sabun dan air setelah menyentuh hewan peliharaan.

BACA JUGA: : Virus Corona dan Bangkitnya Fenomena Sinophobia

Obat Corona di Toko Online Mujarabkah?

Saat ini mulai banyak bermunculan “obat untuk mengatasi infeksi virus corona di sejumlah toko online. Sebagai contoh di Tokopedia saat browsing “obat virus corona”, maka akan muncul beragam obat dengan harga yang berbeda-beda.

Berbagai pelapak telah mengklaim sejumlah obat virus corona mulai dari yang murah hingga mahal.

Infeksi Virus Corona
Screenshot Tokopedia

Selain itu juga  ada juga yang menjual obat corona yang lebih murah bernama “Propoelix Anti Corona” seharga Rp 599.000. Bahkan, ada “obat” virus corona bernama “Obat Virus Corona dan Anti Malaria seharga Rp 135.000.

Tidak hanya di Tokopedia saja, obat virus corona juga turut mewarnai toko-toko online lainnya seperti OLX, Bukalapak, dan sejenisnya.

Infeksi Virus Corona
(Foto: Screenshot OLX

Di toko online OLX juga, sudah banyak barang-barang yang menggunakan nama corona. Misalnya Masker N-95 untuk virus corona yang dihargai Rp 70.000. Hingga Thermometer infrared untuk corona virus Rp 700.000.

BACA JUGA: Sentimen Rasisme Saat Merebaknya Virus Corona, Ironis 

Infeksi Virus Corona
Screenshot Bukalapak

Hal yang sama juga terjadi di toko online Bukalapak. Di sana banyak sekali suplemen pencegah virus corona yang entah punya pengaruh atau tidak.

Namun, semua “obat” tersebut masih belum dipastikan kejelasannya sehingga masyarakat sepatutnya waspada.

Terlebih, saat ini belum ada konfirmasi satupun dari pihak-pihak berwenang yang mengklaim telah menemukan obat penyembuh infeksi virus corona. (Sbg/Rig)

Comments