Instagram
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Seiring berkembangnya kecanggihan teknologi di era modern saat ini, para penipu rupanya kini makin ulung dan pintar. Mereka bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk melakukan modus penipuan.

Mereka mengunakan teknologi untuk menyakinkan masyarakat demi meraup keuntungan. Tak sedikit korban yang terkuras harta bendanya, hingga akhirnya ludes tak tersisa. Nggak bisa memungkiri kalau cara penipu sekarang banyak sekali motifnya.

Yup, kini para penipu pun nggak mau kalah, mereka mulai beralih ke media sosial. Tak tanggung-tanggung, pemilihan media sosial yang dipilih ialah aplikasi yang banyak dan favorit bagi kaum milenial, yakni Instagram atau IG.

BACA JUGA: Penipuan Online Berkedok Cinta, Para Wanita Harus Berhati-hati! 

Modus Penipuan  Agensi Model di Instagram

Sebuah modus penipuan yang dilakukan oleh agensi model  gadungan baru-baru ini  meresahkan orang tua pada beberapa SMA di Inggris.

Agensi model penipu yang mengatasnamakan sebagai “Starlett” atau “Scarlett Bookings Agency” di Instagram telah mengincar banyak remaja di Inggris untuk menjadi korban.

Agensi model gadungan tersebut mendekati para korban melalui akun Instagram dan berpura-pura sebagai agensi model profesional.

Modus penipuan yang digunakan adalah agensi model itu akan meminta korbannya yang rata-rata masih berusia muda atau remaja menjadi model pakaian favorit mereka.

Kemudian para remaja yang menjadi korban akan diminta untuk melakukan pemotretan dengan pakaian bikini.

Sebagai pemotretan akhir, agensi model meminta para korban untuk telanjang agar mereka bisa menganalisis tipe tubuh sang korban.

BACA JUGA: Cara Mengatasi Serangan Virus SMS Chat-V

Mengancam Bila Tak Mau Telanjang

Tak hanya diminta secara halus, para korban justru diancam apabila tidak datang dan tidak bersedia melucuti pakaian.

Guna mengantisipasi berkembangnya modus penipuan agensi model gadungan itu,   Sejumlah sekolah di Inggris sudah memberi peringatan pada setiap orang tua siswa.

Peringatan tersebut disebar setelah pihak sekolah juga sudah mendapatkan informasi dini dari Pihak kepolisian setempat.

“Kami telah mendapatkan informasi bahwa siswa pada sejumlah SMA di seluruh Staffordshire, Stoke dan Cheshire East telah dihubungi oleh agensi model palsu. Mereka membujuk dan akhirnya mengancam anak-anak muda untuk mengirim gambar tidak pantas melalui Instagram,” kata juru bicara Aldersley High School.

BACA JUGA: Hal Penting  agar Terhindar dari Resiko Twitteran

Pihak kepolisian setempat masih menyelidiki dan mengembangkan kasus ini. Akun Instagram yang ada telah dinonaktifkan namun polisi tetap akan memburu pemiliknya.

Karena sudah merebak pada banyak SMA di Inggris, para siswa diharapkan langsung memblokir apabila terdapat agensi model palsu yang menghubunginya dengan ciri-ciri di atas melalui akun Instagram.

Nah, semoga informasi dapat menjadi bahan bagimu untuk mengantisipasi  modus penipuan oleh agensi model gandungan di Instagram yah sob! (Sbg/Rig)

Comments