(Foto: unsplash.com)

Sabigaju.com – Belanja memang kegiatan yang mendebarkan. Mungkin kamu sudah menyiapkan daftar belanja yang lengkap dan rinci. Namun, secara tidak sadar kamu membeli barang yang tidak kamu butuhkan. Hal itu sering terjadi, karena pemilik toko sudah menyiapkan trik yang membuatmu boros saat belanja. Seperti apa saja triknya?

1. Musik yang diputar

Peneliti Ronald E. Milliman pada tahun 1982 mempublikasikan penelitian tentang musik yang diputar di dalam toko. Menurut Ronald, toko yang memutar lagu bertempo rendah memiliki tingkat penjualan yang lebih tinggi dibanding toko yang memutar lagu bertempo tinggi. Namun, Ronald menganggap penelitiannya ini belum sempurna dan masih perlu penelitian lanjutan.

Penelitian tersebut terbantahkan di tahun 2014. Enam toko di Norwegia dan Jerman yang memutar lagu bertempo tinggi akan membuat kamu berbelanja lebih banyak saat situasi toko sedang ramai. Pun begitu, berarti ada satu benang merah antara dua penelitian tersebut; musik mempengaruhi konsumen saat berbelanja.

BACA JUGA: Tukang Belanja Harus Tau Fakta Unik Ini!

Bagaimana cara mengatasinya? Kenali bagaimana musik mempengaruhimu saat berbelanja. Kalau kamu menganggap musik bertempo tinggi membuatmu tidak terdistraksi oleh tanda obral atau sampel gratis, maka dengarkanlah musik bertempo tinggi. Begitu juga sebaliknya jika kamu menganggap musik bertempo rendah membuatmu fokus. Intinya, carilah musik yang bisa membuatmu fokus saat berbelanja.

2. Produk di dekat kasir

Mengantre untuk membayar belanjaan adalah hal yang membosankan. Hal itu sepertinya diperhatikan oleh pemilik toko. Oleh karena itu, para pemilik toko memajang aneka makanan ringan seperti permen, kue, soda, dan lain sebagainya. Elana Paddock, pakar nutrisi dari Cooper Clinic di Dallas mengatakan kalau makanan ringan adalah produk yang tidak perlu dipikir panjang untuk dibeli. Secara tidak sadar, pikiran kita yang sedang bosan akan membuat kita menginginkan makanan ringan.

Bagaimana cara mengatasinya? Buat diri kamu tidak bosan. Ada banyak kegiatan kecil yang bisa kamu lakukan saat mengantre pembayaran. Bacalah beberapa artikel dari internet atau menghitung kembali total belanjaanmu agar terhindar dari kebosanan. Jangan sampai pikiranmu bosan atau kamu akan mendapati sebuah makanan kecil yang tidak kamu butuhkan ada di tas belanjamu.

3. Harga

Kebanyakan pemilik toko akan memajang barang yang harganya lebih mahal di tempat yang mudah dilihat oleh konsumen. Dengan begitu, potensi konsumen akan membeli barang tersebut akan semakin besar. Selain itu, kebanyakan pemilik toko akan memajang barang-barang obral atau barang yang bisa dibeli dengan harga borongan. Tujuannya tentu agar kamu ingin membeli barang-barang itu. Akibatnya, bisa saja kamu menghabiskan uang berlebih untuk barang yang tidak kamu inginkan

Bagaimana cara mengatasinya? Cek harga terlebih dulu. Bandingkan harga beberapa barang agar kamu menemukan harga terbaik atas barang yang kamu perlukan. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan keranjang belanja yang lebih kecil untuk menghindari belanja berlebih.

4. Sampel

Pasti kamu sering menemukan sampel makanan di toko tempat kamu belanja. Sampel makanan ternyata bisa mempengaruhi perilaku belanja bagi para konsumen. Pada tahun 2014, The Atlantic memberikan saran bahwa sampel gratis akan membuat konsumen ketagihan dan ingin membeli produk secara langsung.

Hal tersebut senada juga dengan penelitian di tahun 20

17 Sebuah penelitian dari Wisconsin School of Bussiness, Singapore Management University, dan Brigham Young University menjelaskan bahwa sampel produk di toko akan meningkatkan penjualan langsung dan loyalitas.

BACA JUGA: Borosnya Kaum Milenial, Habiskan Banyak Uang Untuk Makan dan Belanja

Bagaimana cara mengatasinya? Buat diri kamu kenyang dulu sebelum berbelanja. Lapar bisa memancing diri kamu untuk lebih tertarik dengan makanan-makanan yang dipajang. Dengan begitu, potensi kamu beli makanan yang tidak kamu butuhkan akan semakin banyak.

5. Tata letak barang

Banyak toko yang memajang barang-barang yang pasti dibutihkan, seperti daging, sayur, ikan, di belakang toko dan memaksamu untuk berjalan sepanjang koridor untuk mendapatkannya. Sebenarnya, itu adalah trik dari pemilik toko agar kamu terdistraksi dengan barang-barang lain selama kamu berjalan mengambil barang yang kamu butuhkan. Dengan begitu, potensi kamu membeli barang yang lain akan semakin tinggi.

Bagaimana cara mengatasinya? Ketahui dan pahami tentang barang yang ingin kamu beli dan barang yang kamu hindari. Dengan begitu, kamu tidak akan mudah terdistraksi oleh barang-barang lain dan kamu akan terhindar dari pemborosan. (sbg/Erny)

Comments