Milenial
Gaya hidup tidak sehat yang kerap rupanya berdampak dengan kesehatan generasi milenial yang dihantui berbagai jenis penyakit mengerikan. (Foto: Unsplash)

Sabigaju.com – Generasi milenial adalah generasi yang memiliki gaya hidup yang unik kalau dibandingkan generasi X di masa sebelumnya. Bisa dibilang mereka malas untuk menggerakkan tubuh.

Didukung dengan gaya hidup yang tidak sehat seperti tidur larut malam, banyak mengkonsumsi junk food, hingga malas berolahraga membuat generasi milenial berisiko tinggi untuk terjangkit berbagai penyakit

Walaupun generasi milenial bisa dibilang aktif dalam mencari ataupun mengakses informasi seputar kesehatan namun demikian, generasi milenial ini mudah terjangkit berbagai penyakit lantaran gaya hidup.

Lantas apa saja penyakit yang menghantui generasi milenial saat ini? Berikut ulasannya.

BACA JUGA:

1. Obesitas

Generasi Milenial bisa dibilang memiliki Kedekatan dengan teknologi. Namun hal ini juga bisa membuat mereka malas untuk menggerakkan tubuh. Didukung dengan gaya hidup yang tidak sehat seperti tidur larut malam, banyak mengkonsumsi junk food, dan malas berolahraga membuat generasi milenial berisiko tinggi untuk mengalami obesitas.

Obesitas yang kemudian menyebabkan diabetes, demensia, nyeri punggung, dan cedera stres berulang diperkirakan akan melumpuhkan kesehatan sebagai besar generasi milenial jika mereka tidak melakukan pencegahan sejak dini.

2. Generasi O

Generasi milenial disebut berisiko menjadi Generasi O. Hal ini merujuk pada kondisi di mana seseorang terlalu banyak bekerja (overworked), banyak makan tidak sehat (overeating) dan kewalahan dengan tuntutan hidup (overwhelmed).

Populasi Generasi O ini menurut hasil riset semakin meningkat, seiring dengan gaya hidup masyarakat khususnya generasi milenial, yang cenderung menjalani pola hidup tidak teratur, mengabaikan asupan makanan yang baik, jarang olahraga serta mendapat tekanan dari berbagai pihak.

Nah jika tidak ingin mengalami dampak dari generasi O ini, maka seseorang harus mulai mengubah pola hidupnya. Bisa dimulai dengan hal sederhana seperti beraktivitas fisik, memperbanyak asupan buah dan sayur serta menjaga pikiran agar tidak kewalahan dalam bekerja.

Yuk, cegah milenial menjadi generasi O dengan menganut gaya hidup sehat.

3. Generasi Milenial Rawan Terkena Stroke

Saat ini banyak  pria dan wanita muda yang berusia 18 sampai 34 tahun yang terserang Stroke iskemik bahkan meningkat sebesar 50 persen sejak tahun 2003 sampai dengan 2012.  Umumnya hal itu  terjadi sebagai akibat dari tersumbatnya pembuluh darah yang memasok darah ke otak.

Penyebab stroke pada usia muda lebih beragam dan relatif jarang terjadi dibandingkan pada orang yang lebih tua. Kebanyakan stroke pada orang dewasa yang lebih tua adalah karena aterosklerosis, atau lemak dan endapan kalsium di arteri yang menyebabkan penyumbatan di pembuluh darah.

Sedangkan di kalangan anak muda, penyebabnya berkisar dari masalah kelainan jantung bawaan, aritmia, trauma, anemia sel sabit, merokok, dan migrain.

Tidak hanya itu, penggunaan obat-obatan terlarang seperti meth dan kokain juga berperan dalam meningkatkan kondisi ini.

Berkurangnya aktivitas fisik atau sering memakan junkfood juga dapat meningkatkan terjadinya proses terjadinya stroke lebih cepat, yang biasanya terjadi pada stroke dengan usia lebih tua.

4. Penyakit Mental

Pada dasarnya, generasi zaman now menyimpan potensi ancaman kesehatan yang berkaitan gaya hidup mereka. Ancaman itu bisa datang ari kecanduan Sosial media yang banyak dialami oleh millennial.

Padahal sosial media bisa menyebabkan adanya kepribadian ganda pada diri seseorang, seperti feed Instagram harus terlihat bagus dan lain sebagainya.

Rasa khawatir dan ketakutan yang berlebihan akan sesuatu yang belum bisa diraih, juga penyakit yang mungkin menyerang generasi ini. Rasa takut tersebut sering kali berasal dari sosial media yang membuat hilangnya percaya diri.

Itu dia beberapa penyakit yang bisa menyerang kaum milenial lantaran gaya hidup yang tidak sehat. (Sbg/Rig)

Comments