Ilustrasi Binge watching
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Menonton tv series atau film menjadi favorit banyak orang ketika harus menjalani anjuran stay at home sepanjang hari. Bahkan, banyak orang sampai lupa waktu alias mengalami binge watching.

Binge watching merupakan perilaku yang membuat seseorang sulit mengontrol berapa banyak waktu yang ia habiskan untuk menonton. Kondisi ini bisa juga kamu alami bila kamu menghabiskan waktu untuk sekaligus menonton satu season serial televisi

Bila terus dibiarkan binge watching, bisa berdampak negatif pada kesehatan dan kehidupanmu.

BACA JUGA: Gaes, Kebiasaan Menonton Film Bikin Kamu Cepat Tua

1. Perilaku Antisosial

Salah satu efek binge watching bisa muncul pada anak-anak dan orang dewasa.Anak-anak yang lebih sering menghabiskan waktu untuk menonton, cenderung menunjukkan perilaku antisosial atupun gangguan kepribadian lainnya.

Sementara ada orang dewasa, binge watching juga dapat memengaruhi hubungan sosialnya.

Bila sudah ketagihan menonton, seseorang bisa saja tidak peduli pada orang-orang di sekitarnya, baik keluarga maupun teman.

2. Risiko Diabetes Tipe 2 dan Penyakit Jantung

Menonton televisi lebih dari dua jam tiap hari, dikatakan memiliki pengaruh terhadap meningkatnya risiko penyakit diabetes tipe 2 dan penyakit jantung. Masalahnya, kamu hanya akan terus-menerus duduk dan jarang bergerak.

Pola hidup sedenter (minim gerak) tersebut akan membuat tubuh kesulitan membakar kalori maupun karbohidrat yang telah masuk. Akibatnya, akan terjadi penumpukan yang membahayakan kesehatan.

BACA JUGA: Menonton Film Sebagai Terapi Stres Saat Pandemi

3. Penurunan Jumlah Sperma

Bagi para pria, binge watching berpotensi memengaruhi tingkat kesuburan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa laki-laki yang menghabiskan waktu lebih dari 20 jam per minggu, memiliki jumlah sperma yang lebih sedikit.

Mungkin terjadi karena menonton membuat seseorang tidak banyak bergerak dan tidak beranjak dari duduknya, sehingga mengalami peningkatan suhu pada testis. Sebagai akibatnya, produksi sperma pun dapat menurun.

4. Membahayakan Paru-Paru dan Jantung

Duduk dalam waktu lama dapat mengurangi sepertiga kapasitas paru-paru. Selain itu, kurang bergerak juga terbukti menambah resiko menumpuknya lemak di pinggang hingga resiko jantung dan stroke.

5. Mata Lelah

Orang yang menggunakan gawai lebih dari dua jam sehari tanpa jeda rentan mengalami mata lelah.

Selain itu, biasanya juga diikuti nyeri leher dan pundak, mata kering, sakit kepala, dan pandangan berkunang-kunang.

BACA JUGA: Terlalu Banyak Menonton TV Punya Efek Buruk Buat Memori Otak

6. Kualitas Tidur Menurun

Sebuah studi ilmiah membuktikan jika menonton series secara terus menerus berdampak pada penurunan kualitas tidur.

Otak dipaksa bekerja tanpa henti hingga menimbulkan gejala pusing, insomnia, dan terbangun dini hari tanpa bisa melanjutkan tidur.

Journal of Clinical Sleep Medicine membuktikan binge watching membuat kita mengalami penurunan kualitas tidur hingga 98 persen. Efek yang sama juga terjadi ketika kita menonton televisi menjelang waktu tidur.

Semoga informasi  efek buruk dari binge watching ini membuatmu lebih waspada dan bisa membatasi diri. Jangan sampai hobi menyenangkan ini malah merusak kesehatan. (Sbg/Rig)

Comments