Catfishing
Sumber Fotometro.co.uk/GettyImages)

Sabigaju.com – Kalau kamu rajin online, pastinya sudah mengetahui modus Catfishing atau scammer.

Kondisi ini mengacu pada seseorang yang menarik simpati kita untuk berteman dengannya di media sosial atau situs kencan online, namun diam-diam, ia memiliki niat terselubung untuk merugikan kita baik secara materi atau non-materi.

Dan gilanya hingga menuju 2020, masih saja ada aja cowok yang terkena modus menyebalkan ini. Nah, kalau kamu tidak ingin menjadi korban Catfishing, langsung saja simak ciri-cirinya berikut ini.

1. Tampilan Foto Mencurigakan

Umumnya individu yang melakukan catfishing akan menampilkan foto yang mencurigakan. Dan tipe foto mencurigakan ini macam-macam.

Ada yang menampilkan fotonya terlihat bahagia (bahkan party-party), ada yang jelas-jelas menggunakan foto yang diambil dari Google atau Yandex, bahkan tidak mengunggah foto sama sekali

Tak dipungkiri poin ini sangat tricky. Jadi pintar-pintar saja menilainya. Kalau kamu ragu, langsung saja cek melalui aplikasi photo checker atau meminta opini expert dari kawan yang pernah menjadi korban.

BACA JUGA: Tetap Waspada Saat Menjalin Hubungan Asmara dengan Aplikasi Kencan 

2. Data Diri Terlalu Memukau

Ketika melihat profil atau chat, ia mengaku bahwa dirinya pernah sekolah di Harvard dengan gelar cum laude.

Lalu ia juga mengaku berprofesi sebagai pilot, dokter, bahkan volunteer ke Afrika untuk menolong rakyat disana. Walau pengakuan ini terlihat mulia, jangan langsung percaya deh guys!

Umumnya pola seperti itulah yang ditulis atau diungkapkan pelaku catfishing agar membuat kita menjadi super simpatik terhadap dirinya.

BACA JUGA: Revenge Porn, Dendam Digital dan Kerusakan Mental 

3. Temannya Sangat Sedikit di Media Sosial

Ini juga menjadi salah satu tanda pelaku catfishing. Oke bisa saja ia memang orang yang sangat privat atau tidak memiliki banyak teman. Tapi mari kita realistis saja disini.

Sedikit-dikitnya jumlah kawan seseorang di media sosial, setidaknya mereka bisa mencapai 200 teman atau 300 teman.

Apabila jumlahnya di bawah tersebut terlebih, ia telah memiliki akunnya sejak lama, maka berhati-hatilah!

4. Menceritakan Kenangan/Peristiwa Buruk

Sebenarnya ini logika saja guys. Adakah dalam sejarahnya ketika orang yang baru kita kenal, akan langsung curhat masalah / kenangan buruknya ke kita?

Exactly. Lalu mengapa ia bersikap demikian? Simpel, ia ingin menarik simpatik kita dan apabila, sudah terlanjur simpatik, ia akan langsung meminta uang ke kita. Dengan alasan, uangnya akan digunakan untuk obat ibunya yang sakit, bayar uang kuliahnya, dan sebagainya.

BACA JUGA: Sisi Gelap Aplikasi Tinder yang Harus Kamu Ketahui

Seyogyanya apabila kita sudah berkenalan dan chat dengan seseorang secara online (apalagi dalam waktu yang cukup lama), tentunya kita ingin bertatap muka langsung dengan dirinya bukan (ketemuan)?

Nah kenalan baru yang “benar”, akan langsung mengiyakan untuk ketemu dengan kita. Sedangkan yang catfishing, dia akan terus menunda-nunda dengan 1001 macam alasan.

So, waspada yah gaes  dengan orang-orang yang hendak melakukan tipu muslihat catfishing kepadamu. (Sbg/Rig)

Comments