Curanmor
Salah satu aksi kriminal yang marak terjadi pada bulan Ramadhan adalah pencurian kendaraan bermotor alias curanmor.(Sumber Foto: thenextweb.com)

Sabigaju.com – Salah satu aksi kriminal yang marak terjadi pada bulan Ramadhan ini adalah pencurian kendaraan bermotor alias curanmor.

Curanmor alias aksi kriminal dengan jalan mengambil paksa kendaraan bermotor ini masih relatif tinggi dan cenderung meresahkan masyarakat terutama pada masa-masa Ramadan hingga awal lebaran Idul Fitri.

Dari data yang dihimpun Mabes Polri, kasus curanmor tercatat sebanyak 109 kejadian pada periode 1-15 Mei. Jumlah itu mengalami penurunan jika dibanding pada periode 15-30 April di mana tercatat jumlah kasus curanmor sebanyak 134 kasus.

Nah Kali ini, Sabigaju mau bagi Tips buat kamu agar waspada saat melakukan mobilitas sehari-hari terutama saat menggunakan mobil pribadi agar tidak menjadi korban kejahatan curanmor di Bulan Ramadhan.

BACA JUGA: Lima Konsep Modifikasi Mobil Anak Jaman Now 

Terkunci

Jangan pernah meninggalkan mobil tanpa dikunci pintunya.Setelah kamu parkir dan turun dari mobil kemudian kunci pintu dan putari mobil sambil memeriksa handle pintunya untuk memastikan telah terkunci apa belum. Pastikan mobilmu selalu terkunci saat parkir.

BACA JUGA: Hal Penting yang Harus Diperhatikan Saat Liburan Menggunakan Mobil

Pastikan Kondisi Kendaraan Aman dan Prima

Hal yang bisa kamu lakukan agar terhindar dari  kejahatan curanmor adalah  adalah mempersiapkan kondisi kendaraan yang prima saat melakukan aktifitas sehari-hari.

Kamu bisa menggunakan kaca film di samping atau belakang mobilmu dengan tingkat kegelapan pada kisaran 40-60% supaya tak terlihat dari mata-mata penjahat.

Hadirnya teknologi mampu menyulap sebuah lapisan kaca film mampu menahan pecahan kaca saat terjadi percobaan perampasan memakai kampak atau pencegahan proyektil peluru masuk ke dalam kabin.

Dan jangan lupa untuk  mengecek dengan rutin kondisi kendaraan seperti aki mobil atau tekanan angin ban demi kelancaran perjalanan.

BACA JUGA: Tips Buat Kamu yang Pilih Sewa Mobil untuk Liburan 

Hindari Rute Rawan Kejahatan

Hal lain yang bisa kamu lakukan agar tidak menjadi korban kejahatan curanmor adalah dengan memilih rute untuk mobilitas sehari-hari yang ramai lalu-lalang kendaraan.

Hal tersebut bertujuan untuk menghindari tindakan pelaku curanmor yang kerap mengincar kendaraan pribadi di lokasi-lokasi yang cenderung sepi.

Tambah Perangkat Pengaman

Kamu juga bisa bisa menambahkan sejumlah perangkat keamanan aktif di mobilmu. Kamu bisa menambahkan tambahan seperti alat pelacak di dalam mobil (GPS tracker), kunci rahasia yang memutuskan arus listrik,.

Siapkan pula kunci ganda untuk lingkar kemudi dan tuas pedal mobil, untuk menghindari  tindak kejahatan curanmor.

BACA JUGA: Nih Aplikasi Navigasi yang Menuntun Anda Mudik ke Kampung Halaman

Jangan Pamer

Ada baiknya kamu tidak menaruh atau memamerkan benda berharga di bagian kabin mobil. Meninggalkan benda berharga didalam mobil sama saja memancing orang untuk berbuat kejahatan curanmor.

Apalagi jika barang tersebut terlihat jelas dari luar.  Bukan tak  mungkin disaat melaju pelan dalam kondisi kemacetan lalu lintas bisa membuat pencuri memecahkan kaca jendela mobilmu.

Asuransi

Pastikan kamu  memberikan perlindungan tambahan untuk mobil kesayangan berupa asuransi mobil.

Comments