Waspada terpapar Blue Light saat menjalankan WFH
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Selama dua bulan lebih, mayoritas pekerja kantoran menjalakan anjuran WFH alias work from home alias bekerja dari rumah una mencegah meluasnya penyebaran infeksi Virus Corona.

Nah, penggunaan gadget seperti laptop dan smartphon pun menjadi meningkat selama menjalani WFH. Meski dua gadget itu menjadi andalan.

Nah masih banyak orang yang tidak menyadari kalau kita terlalu banyak terpapar blue light dari gadget, dan mata atau kulit kita bisa terkena imbasnya.

Blue Light merupakan gelombang cahaya yang terlihat biru. Dan, memiliki lebih banyak energi per-foton cahaya daripada warna lain dalam spektrum yang terlihat.

Sayangnya, dosis yang cukup tinggi dari cahaya biru bisa merusak berbagai sel dalam tubuh yang menyerapnya, serta itu juga dapat membuat mata Anda merasa lebih lelah daripada biasanya.

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam International Journal of Ophthalmology menjelaskan blue light memiliki energi tinggi yang dapat melewati kornea dan lensa matamu, mencapai retina dan menyebabkan penyakit seperti mata kering, katarak, dan degenerasi makula.

BACA JUGA: Gunakan Fitur TFA untuk Lindungi Medsos dari Ulah Jahil 

Menghindari Paparan Cahaya Biru

Penelitian juga menemukan bahwa kulit yang terpapar blue light yang dipancarkan dari perangkat elektronik selama satu jam, dapat merusak kulit dan berpotensi mempercepat penuaan kulit.

Selain itu, blue light merangsang otak  dan menghambat sekresi melatonin, yang secara negatif dapat mempengaruhi kualitas tidurmu.

So, gaes,   berikut  beberapa hal yang harus kamu lakukan untuk mengantisipasi nya:

BACA JUGA: Tips Berhemat Tagihan Listrik di Masa WFH 

Lindungi Mata

Saat WFH kamu pastinya banyak menghabiskan waktu di depan layar ponsel atau laptop  ataupun menonton TV.

Nah, kamu harus melindungi mata dari paparan blue light dengan menggunakan kacamata antiradiasi. Ada berbagai merek di pasaran yang menjual kacamata jenis ini.

Selain itu gunakan pelindung layar komputer dari cahaya biru untuk melindungi mata dan kulitmu

BACA JUGA: Gaes, Jangan lupa Perawatan Kaki Saat Stay At Home 

Kenakan Perlindungan Kulit

Cahaya biru tidak hanya buruk bagi mata, tetapi juga buruk bagi kulitmu.  Nah meski menerapkan WFH kamu harus mengenakan sun screen atau hydration mist yang bisa melindungi kulit dari cahaya biru yang dipancarkan dari perangkat  elektronik.

Kamu jug bisa menggunakan serum yang mampu melindungi kulit dari radiasi sinar biru yang dikeluarkan oleh alat elektronik saat melakukanWFH.

Semoga informasi ini bisa membuat waspada akan bahaya dari radiasi blue Light. (Sbg/Rig)

Comments