Ikon tampilan aplikasi Yahoo messenger. (Foto Yahoo)
Ikon tampilan aplikasi Yahoo messenger. (Foto Yahoo)

Sabigaju.com – Salah satu aplikasi pesan instan pertama di dunia, Yahoo Messenger resmi ditutup setelah beroperasi selama 20 tahun. Platform ini sendiri diluncurkan pada 9 Maret 1998, tapi baru resmi menyandang nama Yahoo Messenger pada 21 Juni 1999.

Rencana penutupan layanan perpesanan itu sendiri memang telah diumumkan oleh Oath, perusahaan yang menaungi Yahoo sebulan yang lalu. Terhitung mulai Rabu, 18 Juli 2018 pengguna tidak dapat mengakses kembali atau melakukan obrolan seperti biasanya.

Hingga kini belum ada produk secara resmi pengganti dari Yahoo Messenger. Namun, pihaknya akan terus berusaha menciptakan kembali sarana komunikasi yang lebih menarik untuk memudahkan para penggunanya.

Pengguna Yahoo Messenger sepertinya akan dialihkan pada layanan baru bernama Squirrel, yaitu aplikasi grup Yahoo yang mulai diuji beberapa bulan lalu. Aplikasi ini lebih bersifat intim ketimbang Yahoo Messenger karena mengharuskan pengguna untuk meminta undangan agar bisa terhubung.

Sekilas Tentang Aplikasi Yahoo Messenger

Aplikasi Yahoo Messenger atau yang lebih dikenal dengan YM, merupakan aplikasi obrolan pertama sebelum munculnya aplikasi sejenis, seperti Blackberry Messenger, sampai aplikasi terkenal saat ini yaitu Whatsapp.

Sejak pertama kali muncul, Yahoo Messenger juga terus menunjukkan perkembangannya agar dapat lebih unggul dari aplikasi pesan instan lainnya.

Yahoo Messenger memulai debutnya pertama kali dengan nama Yahoo Pager. Itu terjadi di tahun 1998. Waktu tersebut tren komunikasi masih fokus pada komputer pribadi, sebagai alternatif dari email dan SMS.

Cara ini dilakukan, dengan menambahkan berbagai fitur menarik, seperti pemberian suasana di halaman percakapan atau latar belakang yang bertema sesuai karakter pengguna, hingga fitur jenis karakter animasi yang dapat bicara untuk membantu menghidupkan percakapan pada teman obrolan.

Namun, seiring waktu hingga di tahun 2018. Kejayaan Yahoo Messenger pada akhirnya terhenti dengan hadirnya aplikasi superiornya pesan instan lain seperti WhatsApp, Facebook Messenger, dan Snapchat.

Penutupan Yahoo Messenger kali ini tercatat untuk kedua kalinya. Yahoo Messenger versi lawas telah ditutup pada 5 Agustus 2016. Sementara penutupan saat ini merupakan Yahoo Messenger versi lebih baru yang dirilis pada Desember 2015.

Salam Perpisahan Warganet

Ditutupnya yahoo messengger membuat begitu banyak warganet dari berbagai penjuru dunia mengucapkan salam perpisahan.

https://twitter.com/jogenstaan/status/1019478494336544774

Selamat jalan Yahoo Messenger! (Sbg/Rig)

Comments