Hari Anak Sedunia
Warga dunia hari ini Selasa (20/11) merayakan peringatan Hari Anak Sedunia 2018 (Foto:Awarenessdays)

Sabigaju.com – Hari ini Selasa (20/11) Selain peringatan hari Maulid Nabi Muhammad SAW, juga diperingati sebagai Hari Anak sedunia.

Hari Anak Sedunia diciptakan untuk mengubah bagaimana masyarakat melihat dan memperlakukan anak-anak, juga meningkatkan kesehatan dan kebahagiaan anak. Peringatan ini pertama kali diprakarsai di tahun 1954.

Hari Anak Sedunia adalah untuk momen untuk membina dan memenangkan hak-hak anak di seantero Bumi. Hak anak bukanlah hak spesial dan berbeda. Tapi, mereka memiliki hak yang sama pentingnya dengan orang dewasa. Peringatan ini ingin mengingatkan kalau anak juga bagian dari lingkungan sosial dan harus diperlakukan sebagaimana mestinya.

Dengan konsentrasi isu berbeda, kedua perayaan in, baik Hari Anak Internasional dan Hari Anak Sedunia, bermaksud melindungi anak-anak di berbagai keadaan, bahkan yang terburuk sekalipun, guna regenerasi lebih baik.

BACA JUGA

Warganet Rayakan Hari Anak Sedunia

Ribuan warganet dari berbagai pelosok Tanah Air pun menggemakan Dengan mengusung tagar #HariAnakSedunia serta tagar #WorldChildrensDay.  Kedua tagar tersebut pun duduk dalam jejeran trending topic di jagat Twitter nasional.

Kita tentunya percaya bahwa para anak menentukan perkembangan di masa depan sehingga mereka perlu akses terhadap edukasi yang memadai & upaya mencapai potensi terbaik mereka.

Untuk itu peran serta ayah pun dituntut dalam membesarkan anak bukan semata hanya tugas ibu.

Peran Ayah Dalam Perkembangan Anak

Nah ada ungkapan, ayah adalah cinta pertama bagi anak perempuan dan pahlawan pertama bagi anak laki-laki”. Kutipan ini menggambarkan bagaimana seorang ayah pun memiliki peran besar dalam kehidupan Si Kecil.

Seberapa penting keterlibatan ayah saat bermain dengan anak-anak? Sangatlah penting bagi orang tua, khususnya Ayah, untuk melibatkan diri dalam bermain dengan anaknya. Dengan bermain, anak-anak dapat mengembangkan minat, bakat, dan kebersamaan yang baik sejak dini.

hari Anak Sedunia
(Foto: Unsplash)

Bermain bersama anak merupakan salah satu cara untuk mengembangkan keterampilan anak untuk bersosialisasi dan mengendalikan diri.

Dengan bermain bersama anak, ayah dapat mengembangkan rasa percaya diri dan toleransi yang tinggi si anak serta membantu mereka mengembangkan berbagai keterampilan untuk membangun masa depan yang lebih cerah,

Selain itu dampak positif yang terasa untuk anak dari kegiatan bermain bersama dengan ayah ialah terjalinnya ikatan emosi Ikatan emosi. Anak akan jadi merasa senang, merasa diperhatikan Hal ini penting di sepanjang masa kehidupan anak.

Meningkatkan kedekatan ayah dan anak, adalah sebuah value yang tidak bisa pernah terhitung dengan uang. Selamat Hari Anak Sedunia. (Sbg/Rig)

Comments