Hari ini Kamis 17 Mei 2018 bangsa Indonesia memperingati Hari Buku Nasional 2018. (Foto: Pixabay)
Hari ini Kamis 17 Mei 2018 bangsa Indonesia memperingati Hari Buku Nasional 2018. (Foto: Pixabay)

Sabigaju.com –¬†Bertepatan dengan hari pertama puasa bagi yang menjalankannya di Indonesia, hari ini, Kamis (17/5) juga diperingati sebagai Hari Buku Nasional. Sebelumnya beberapa waktu lalu tepatnya 23 April lalu kita memperingati Hari Buku Sedunia.

Peringatan Hari Buku Nasional ini berlangsung sejak 2002 yang digagas Menteri Pendidikan kala itu, Abdul Malik Fadjar. Tanggal ini dipilih berdasarkan hari berdirinya Perpustakaan Nasional Republik Indonesia pada 17 Mei 1980.

Perayaan Hari Buku Nasional tak pernah dibuat semeriah Hari Musik maupun Hari Film Nasional, padahal sudah selayaknya Hari Buku dirayakan bagi para pembaca setia.

Hari Buku Nasional pun kerap disandingkan dengan minimnya minat baca di Indonesia yang hanya sebesar 0,01 persen. Data yang lebih mengenaskan, berdasarkan hasil kajian Most Littered Nation In the World 2016, minat baca di Indonesia menduduki peringkat 60 dari 61 negara.

Di hari Buku Nasional 2018 ini begitu banyak warganet yang melontarkan ajakan untuk giat membaca maupun sekedar mengucapkan ucapan selamat semata. Hari Buku Nasional pun menjadi trending topic di jagat Twitter Indonesia

Hari Buku Nasional di Era Digital

Di era digital yang makin berkembang, buku telah menjadi komoditi terbesar yang tidak akan ada habisnya. Masyarakat dari beragam usia masih mendatangi toko buku dan membeli buku, meski tiap tahun rata-rata hanya ada 18 ribu judul buku yang dicetak.

Terkait dengan era digital saat ini, di Indonesia sendiri sebanyak 86,3 juta jiwa tercatat sebagai pengguna aktif internet memanfaatkan platform online bernama Wattpad untuk membaca buku-buku secara digital.

Dengan adanya Wattpad seharusnya menambah minat baca publik secara umum, tanpa memarginalkan genre dan konten buku itu sendiri.

Selain itu kini penulis-penulis muda bermunculan, menjamur, dan kian dikenal di industri buku. Kiprah mereka tak bisa lagi dipandang sebelah mata. Para penulis muda itu justru menambah deretan warna bagi dunia perbukuan di tanah Air.

Momentum Meningkatkan Minat Baca

Hari Buku Nasional seharusnya menjadi momentum penduduk Indonesia untuk lebih mengenal perpustakaan dan meningkatkan minat baca buku.

Kiranya setiap individu di negeri ini tertantang untuk menumbuhkan kecintaan dan menyadarkan masyarakat tentang pentingnya membaca buku.

Buku adalah sumber ilmu, pepatah bijak juga mengatakan buku adalah jendela dunia, ya memang betul dengan banyak membaca buku kita bisa menjelajah dunia dan kita jadi banyak tahu. Selamat Hari Buku Nasional 2018! (Sbg/Rig)

Comments