Jebakan Rutinitas
(Sumber: Freepik.com)

Sabigaju.com – Belakangan ini Presiden jokowi kerap mengingatkan dan mengajak rakyat Indonesia untuk tidak masuk dalam jebakan rutinitas yang monoton.

Yup, banyak dari kita masuk dalam jebakan rutinitas harian yang membuat kita tidak bisa melihat fakta bahwa kita dapat membuat terobosan dan jalan keluar, menginspirasi, memotivasi dan berkata “ya” pada setiap ide baru yang lahir.

Jebakan rutinitas harian dan konsentrasi kerjaan harian sangat mudah menjadikanmu lupa bahwa pekerjaanmu sesungguhnya atau tugas kamu sebenarnya yaitu menjadi leader yang inovatif dan kreatif.

BACA JUGA: Inilah Tanda-tanda Kamu Cuma Dimanfaatkan di Tempat Kerja

Waktunya Keluar dari Jebakan Rutinitas

Seorang karyawan yang masuk perangkap rutinitas melakukan pekerjaannya dengan berfokus pada aktivitas saja dan melupakan produktivitas.

Kalaupun pekerjaan rutin itu ada juga sih hasilnya, namun kualitasnya biasa biasa saja. Ada sesuatu yang hampa, yaitu peningkatan produktivitas melalui kreasi, inovasi baru.

Mereka terlena dan lupa untuk mengembangkan kemampuan dirinya. Potensinya yang terpendam, bahkan tenggelam semakin dalam.

Ini berarti rutinitas yang menjebak bukan saja menghambat kemajuan karyawan tapi jelas menghambat perkembangan perusahaan kedepan.

Nah kita harus keluar dan mendobrak jebakan rutinitas agar selalu antusias dan kreatif setiap saat berikut beberapa rekomendasinya

BACA JUGA: Kenali Toxic Employee, Karyawan Beracun yang Bikin Kantor Jadi Runyam

Bergabung dengan Komunitas

Agar tidak masuk dalam jebakan rutinitas kamu bisa bergabung dalam komunitas atau mengikuti Kegiatan yang belum pernah kamu bayangkan Sebelumnya.
Hal ini bisa membuatmu memperluas jaringan dan bisa mengasah keterampilan sosial kamu

Bergabung dengan komunitas dan lembaga kemasyarakatan memacu kita untuk berpikir kritis, peka, dan kreatif.

Berolahraga

Salah satu cara ampuh agar tidak terjebakan pada rutinitas monoton adalah dengan berolahraga. Tak hanya berdampak baik bagi fisik, olahraga juga dapat berpengaruh positif pada mental pribadi yang berguna saat kamu bekerja.

Berolahraga secara rutin dapat membuat harimu lebih cerah dan perasaan lebih bahagia. Yang terpenting,  kamu keluar dari kebiasaan dan tidak hanya fokus pada pekerjaan semata.

Jalan-Jalan dan Berpetualang

Hal menyenangkan lain yang bisa kamu lakukan agar terbebas dari jebakan rutinitas adalah melakukan traveling mengunjungi wisata alam di kota tetangga, pantai, dan gunung.

Kalau selama ini mau tak mau melakukan jebakan rutinitas yang sama setiap harinya, kini saatnya lawan rasa bosanmu.

Lakukan apapun yang kamu mau dengan cara positif adalah cara memberontak elegan yang wajib kamu coba.

Bersyukur

Terjebak rutinitas bisa membuat  dirimu mudah merasa lesu dan tidak bersemangat. Tapi seringkali perasaan tersebut muncul dari pikiran yang membentuk sendiri.

Mulailah menuliskan berbagai hal positif yang diperoleh dari pekerjaan. Pikirkan juga orang lain di luar sana yang tidak seberuntung dirimu bisa memperoleh pekerjaan yang layak.

Bersyukur dapat menjadi salah satu cara untuk terlepas dari kejenuhan rutinitas kerja sehari-hari.

BACA JUGA: Saat Kamu Merasa Tidak Cocok dengan Rekan Kerja

Pikirkan untuk pindah kerja

Jika beban kerja semakin besar, namun hal itu  amalah membuatmu masuk dalam jebakan rutinitas. Maka,sudah waktunya  kamu menentukan  pilihan untuk mengubah haluan karir .

Kamu bisa  memulai  pola kehidupan yang lebih baik. Jangan terjebak dan merasa terlalu tua untuk memulai profesi baru.

Ingat, kemampuan apapun dapat dipelajari di usia berapapun.

So, keluarlah dari jebakan rutinitas. (Sbg/Rig)

Comments