Waktu tidue yang dibutuhkan setiap orang nggak mesti 8 jam
(Foto: Pexels.com)

Sabigaju.com – Memiliki waktu tidur yang cukup, membuat kesehatan kita akan lebih baik dan maksimal. Semua organ yang lelah bekerja tentu membutuhkan waktu istirahat, termasuk otak, kulit, sistem metabolisme, dan hormon.

Dan dimasa pandemi ini, memiliki waktu tidur yang cukup disebut-sebut sebagai cara untuk meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh manusia.

Kita sering mendengar anjuran kalau wktu tidur yang baik adalah selama 8 jam. Namun padaa kenyataan ada orang yang  waktu tidur kurang dari tujuh jam tetapi tetap bisa berfungsi normal.

Nah, sejumlah Ahli Kesehatan ternyata punya pandangan kalau tidak semua orang memerlukan waktu tidur selama 8 Jam Berikut Ulasannya>

BACA JUGA: Banyak Pikiran Bikin Cowok Sulit Tidur, Lakukan Ini Gaes!

1. Dr. Louis Ptacek dan  Ying-Hui Fu

Hasil studi profesor neurologi di University of California, San Francisco (UCSF), Dr. Louis Ptacek dan rekannya Ying-Hui Fu terkait genetika tidur dan ritme sirkadian yang bervariasi dari satu orang ke orang lain.

Ritme sirkadian merupakan sistem internal tubuh atau bisa disebut jam biologis yang mengatur siklus tidur, suhu tubuh, pencernaan, kebiasaan makan, pelepasan hormon, serta fungsi penting tubuh lainnya.

Ritme sirkadian seseorang bisa berbeda satu sama lain. Ini menjelaskan mengapa sebagian orang bisa bangun awal di pagi hari, sementara sebagian lainnya lebih suka begadang atau baru merasa segar setelah tidur 8 jam.

2. Gorica Micic

Menurut pakar Gorica Micic dari Adelaide Institute for Sleep Health at Flinders University, tidur yang cukup itu sangat penting untuk kesehatan dan tingkat kesejahteraan kita secara keseluruhan.

Namun, sama halnya dengan hampir setiap variabel manusia lainnya (seperti tinggi badan, di mana sebagian dari kita lebih tinggi dan lainnya lebih pendek), terdapat perbedaan besar dalam menentukan berapa banyak tidur yang dibutuhkan setiap orang.

Rata-rata dari kebutuhan individu yang berbeda ini adalah delapan jam, sehingga angka ini sering secara keliru digambarkan sebagai panduan utama lamanya waktu tidur.

Kebutuhan waktu tidur kita juga menurun seiring bertambahnya usia. Bayi yang baru lahir mungkin membutuhkan antara 12 dan 18 jam waktu  tidur sedangkan orang dewasa yang lebih tua mungkin hanya membutuhkan 6 atau 7 jam.

BACA JUGA: Lagu Ajaib Buat Pengantar Tidur Nyenyak, Dengerin Deh! 

3. Crystal Grant

Hasil penelitian telah menunjukkan jumlah tidur yang dibutuhkan setiap individu untuk berfungsi dengan sangat baik berbeda-beda.

Salah satu cara untuk menentukan jumlah  tidur yang cocok untuk Anda adalah dengan memperhatikan dengan cermat apa yang Anda rasakan (suasana hati, tingkat energi, dan kesehatan secara keseluruhan).

Jika kamu merasa mengantuk di siang hari atau membutuhkan tambahan kafein, kamu mungkin perlu menambah jumlah tidur yang Anda dapatkan. Yang penting, jadikan kualitas tidur yang baik sebagai prioritas.

BACA JUGA: Sikap Optimis Bikin Tidur Lebih Nyeyak dan Panjang Umur

4. Stephanie Centofanti

Sebagian besar orang dewasa memerlukan waktu tidur  7 hingga 9 jam.

Jumlah waktu tidur yang kita butuhkan agar berfungsi sebaik mungkin juga dapat berubah tergantung pada riwayat tidur sebelumnya.

Misalnya periode kurang tidur, sakit atau stres tinggi mungkin berarti kamu membutuhkan lebih banyak tidur daripada biasanya untuk sementara waktu

Penting untuk mengetahui berapa banyak waktu tidur yang paling cocok untumu dan memprioritaskan tidur sehingga Anda mendapatkan cukup tidur setiap malam.

Dari ulasan di atas kini kita tahu bahwa tidak semua orang memerlukan waktu tdur selama 8 jam. (Sbg/Rig)

Comments