Hasil penelitian menunjukan bahwa musik bisa bikin kamu tambah giat berolahraga. (Foto: Instagram)
Hasil penelitian menunjukan bahwa musik bisa bikin kamu tambah giat berolahraga. (Foto: Instagram)

Sabigaju.com – Akhir pekan ini merupakan saat yang tepat buat kamu berolahraga. Jika ya, mungkin kamu perlu memutar musik saat berolahraga. Berolahraga sambil mendengarkan musik memang sering dilakukan banyak orang.

Walaupun musik dan olahraga merupakan dunia dengan latar belakang yang sangat berbeda, namun keduanya ternyata memiliki keterkaitan erat, Sob.

Nah, manfaat apa lagi yang bisa kamu dapatkan dari mendengarkan musik selama olahraga? Simak ulasannya berikut ini.

BACA JUGA: Olahraga yang Tepat Bakal Bikin Hidup Kamu Makin Sehat

 Tambah Giat Berolahraga dan  Tidak Monoton

Mendengarkan musik bukan hanya membuat kita makin giat berolahraga, namun juga mengaktifkan bagian otak yang mencegah seseorang dari kelelahan.

Dilansir dari Indiatimes baru-baru ini, penelitian menemukan bahwa mendengar lagu “I Heard It Through The Grapevine” dari Marvin Gaye saat beraktivitas fisik menstimulasi area otak yang terkait dengan mengurangi kelelahan.

Studi yang terbit di International Journal of Psychophysiology menyoroti bagaimana musik dapat mencegah kelelahan saat olahraga.

Para partisipan mengklaim hanya mendengarkan 11 menit dari sebuah lagu, dapat membuat mereka merasa seperti melakukan latihan rutin yang selesai hanya dalam 60 detik.

Mereka juga menemukan bahwa rutinitas tersebut jauh lebih sedikit terasa monoton dan lebih mudah dilakukan ketika sebuah lagu dimainkan sebagai latar belakang.

Musik Mengurangi Sensasi Negatif Saat Berolahraga

Penulis studi itu Marcelo Bigliassi, dari Brunel University di London dan rekan-rekannya menemukan bahwa musik memberikan lebih banyak kegembiraan saat bekerja dan mengalihkan pikiran ke hal-hal yang tidak terkait dengan tugas yang ada. Hal tersebut membuat kamu tidak merasa bosan saat berolahraga.

“Musik adalah stimulus pendengaran yang sangat kuat dan dapat digunakan untuk meredakan sensasi negatif tubuh yang biasanya timbul selama situasi yang berhubungan dengan olahraga,” kata Bigliassi pada PsyPost.

BACA JUGA: Kembali Bikin Single, Band Nineball Bakal Live Streaming di Langit Musik

“Respon psikofisik ini dipicu oleh mekanisme perhatian yang pada akhirnya akan menghasilkan kontrol yang lebih manjur terhadap otot,” tambahnya.

Bigliassi menemukan, wilayah otak yang menjadi pusat integrasi sensorik, memproses infoemasi dari sumber eksternal dan internal akan lebih aktif ketika seorang individu giat berolahraga dengan musik.

Efek baik ini juga bisa digunakan bagi mereka yang berjuang dengan obesitas maupun diabetes. Pastinya dengan menambah elemen musik,  kamu jadi tambah giat berolahraga. (Sbg/Rig)

Comments