Sabigaju.com – Sobat Sabi yang merasa bagian dari anak muda masa kini, dalam keseharian kamu terbiasa pakai bahasa baku yang sesuai KBBI dan EYD atau nggak, sih?

Bagi sebagian orang, berbahasa baku itu aneh. Malah bicara dengan bahasa baku sering dibilang seperti baca koran saking terbiasanya pakai kata populer. Terlebih di era media sosial seperti sekarang, di mana bahasa baku tenggelam oleh bahasa gaul!

Kepo, nyinyir, apalagi bahasa gaul yang Sobat Sabi sering lihat di media sosial? Kalau seruan ‘WAGELASEEEEH’ pernah lihat? Atau kamu juga sering pakai? Sekarang, kita bahas kata ‘WAGELASEEEEH’ itu dulu, yuk!

BACA JUGA: Nikmatnya Es Kepal yang Laris Diserbu Warga Jakarta

Pemakaian Kata ‘WAGELASEEEEH’ Dalam Percakapan Sehari-hari

Kata ‘WAGELASEEEEH’ ini merupakan seruan yang menunjukkan rasa takjub atau heran. Contohnya:

“WAGELASEEEEH, sepatunya diskon 70% dari harga Rp1 juta jadi Rp300 ribu aja, dong!”

Atau,

“WAGELASEEEEH, bagus banget dia makeup-nya!”

Atau,

“WAGELASEEEEH, sudah ditunggu 1 jam, malah nggak jadi pergi!”

Kamu pasti tahu, penempatan kata gaul itu dalam percakapan sehari-hari bagaimana.

‘WAGELASEEEEH’ sebenarnya merupakan gabungan dari tiga kata seru, yakni ‘wah’, ‘gila’, dan ‘sih’. Tapi kemudian entah siapa yang pertama membuat 3 kata seru itu jadi satu kata baru yang amat terasa nuansa gaulnya; ‘WAGELASEEEEH’.

Dalam konteks percakapan santai, penggunaan kata ini masih bisa ditolerir walau tidak semua orang suka menggunakan. Tapi untuk momen atau surat resmi, juga pada penulisan ilmiah, tentu saja kata ini tidak diperkenankan.

BACA JUGA: Viral Tren Hijab ala Pocong, Berani Coba?

Meski tidak selalu menggunakan bahasa Indonesia yang baku dan menggunakan bahasa-bahasa populer seperti ini bisa membuatmu merasa jadi bagian dari society yang kekinian, namun alangkah bijaksananya jika kamu tetap memahami bahasa Indonesia yang baik dan benar, sesuai dengan KBBI dan EYD. Sebab, tentu saja bahasa populer tak selalu bisa digunakan dalam tiap kesempatan, terutama jika berkaitan dengan bidang profesional.

Jadi, pada hari libur di tengah-tengah minggu ini, sudah ada hal yang membuat kamu berseru ‘WAGELASEEEEH’ atau belum, nih, Sobat Sabi? (sbg/Fitri)

Comments