Ciuman
(Foto; Unsplash)

Sabigaju.com – Virus Corona yang yang merebak begitu cepat telah mengganggu banyak hal, dari soal kesehatan, ekonomi, gaya hidup hingga urusan ciuman.

Hingga kini perdebatan masih terus berlangsung apakah virus Corona bisa menyebar lewat ciuman.

Ada yang mengatakan selama belum simtomatik (gejala) bisa menularkan, ada pula yang bilang ciuman tak bisa menularkan virus Corona

Urusan ciuman di masa penyebaran virus corona memang menjadi dilema baru. Terlebih , sejumlah negara mengimbau warganya untuk tidak  berciuman di tengah ancaman penyebaran Covid-19.

BACA JUGA: Hubungan Seksual Bisa Tularkan Virus Corona?

Negara Keluarkan Anjuran Jangan  Berciuman

Guna mengantisipasi merebaknya Kasus infeksi virus corona di Rusia, Badan Pengawas Kesehatan Konsumen Rusia mengimbau agar warga Rusia  menahan diri untuk tidak ciuman (termasuk cium pipi), bersalaman, dan berpelukan satu sama lain.

Hal serupa juga dilakukan Ototorias kesehatan di Perancis yang mengeluarkan anjuran Warga Prancis untuk berciuman satu sama lain dalam upaya untuk mengendalikan penyebaran virus corona.

Anjuran ini berlaku untuk semua jenis ciuman, dari mulai cium pipi hingga kiss bye. Hal tersebut perlu dilakukan untuk menghindari penularan virus corona.

“Pengurangan ciuman dalam kontak sosial yang bersifat fisik sangatlah disarankan. Itu juga termasuk praktik bisa (cium pipi). Virus ini beredar di wilayah kita, dan semua harus memperlambat penyebarannya,” kata Menteri Kesehatan Prancis, Olivier Veran kepada media di Istana Elysee di Paris

Banyak yang menganggap larangan ciuman di Prancis dinilai mengancam tradisi sosial yang telah berlangsung ratusan tahun.

Dan lagi, Tentu sulit bagi pemerintah untuk terjun langsung memantau warganya dalam urusan ciuman di kehidupan pribadi.

Anjuran tidak berciuman juga dikeluarkan oleh pemerintah Swiss. Ini berarti Orang-orang Swiss harus mempertimbangkan lagi cara menyapa dengan mencium pipi satu sama lain untuk menghindari penyebaran virus corona. Begitu kata Menteri Kesehatan Swiss, Alain Berset.

“Kita tahu menjaga jarak secara sosial adalah cara terbaik untuk memperlambat penyebaran virus. Itulah mengapa menghentikan ciuman salam adalah langkah yang harus dipertimbangkan secara serius,” kata Berset

Dalam urusan ciuman, Orang Swiss lazim menyapa satu sama lain dengan mengecup kedua pipi. Salam kecup versi Swiss biasanya lebih banyak, yakni tiga kali.

BACA JUGA: Catet, Nih Bagian Tubuh Pria yang Jadi Incaran Para Wanita! 

Ciuman Menghilang dari Film

Urusan Ciuman pun kini jadi hantu menakutkan bahkan dalam industri tontonan.

Hal ini terlihat saat drama sinetron serial romantis Taiwan tak lagi memasukkan adegan ciuman demi menghindari penyebaran virus corona yang mematikan itu.

Yup, hal itu terlihat dalam sebuah serial TV Formosa yang berjudul Golden City baru-baru ini menampilkan adegan di mana aktris Mia Chiu mencium aktor Jun Fu hanya dengan satu detik.

Padahal seharusnya adegan tentang urusan ciuman di serial itu itu cukup lama sebagai upaya memvisualkan pergulatan emosi cerita.

BACA JUGA: Dirty Fantasy yang Paling Sering Dibayangkan Pria 

Namun, pihak stasiun televisi yang memproduksi serial itu mengambil tindakan ekstra, termasuk melarang aktor dari interaksi intim untuk mencegah penyebaran virus.

Serial TV lain yang kerap menampilkan gairah cinta berjudul Sweet Family yang diproduksi Eastern Broadcasting Company.

Pihak produser mengatakan, serial yang dibintangi aktor Kingone Wang akan menghindari adegan yang terlalu intim dan syuting di tempat-tempat ramai. Mereka juga menyiapkan masker untuk anggota kru selama pembuatan film.

Betapa ribetnya Virus Corona!  Haruskah untuk urusan ciuman, manusia mesti pakai masker? (Sbg/Rig)

Comments