Virgil Van dijk Menjadi Pahlawan Liverpool dengan mencetak gol kemenangan ke gawang Everton (Foto Instagram virgilvandijk)

Sabigaju.com – Virgil Van Dijk tampil sebagai starter pada laga babak ketiga Piala FA melawan Everton di Stadion Anfield, Sabtu (6/1) dinihari.

Laga pertama yang dilakoni Van Dijk dengan seragam Liverpool berjalan amat baik. Van Dijk bahkan langsung mencetak gol di hadapan para pendukung untuk memenangkan the Reds 2-1 atas tim sekota Everton.

Pujian pun berdatangan kepada Van Dijk yang baru dibeli Liverpool dari Southampton seharga 75 juta pound sterling pada pekan lalu. Berkat kemenangan ini, Liverpool berhak lolos ke babak keempat. sementara Everton haru rela tersingkir dari ajang tersebut.

Liverpool Buka Keunggulan Rivalitas Tim sekota

Dalam Derby Merseyside yang digelar di Anfield, manajer Jurgen Klopp langsung menurunkan Van Dijk sejak menit pertama. Bek asal Belanda itu pun tampil cukup lugas mangawal lini pertahanan Liverpool.

Liverpool mengambil inisiatif serangan di awal pertandingan. Akan tetapi, peluang bagus baru tercipta di menit ke-25 lewat James Milner. Sebuah umpan silang Joe Gomez jatuh di kotak Everton, tapi sepakan voli Milner hanya melebar tipis dari gawang Everton.

James Milner membuka keunggulan Liverpoo atas Everton dari titik pinalti (Foto Instagram msalah22_fanpage)
James Milner membuka keunggulan Liverpoo atas Everton dari titik pinalti (Foto Instagram msalah22_fanpage)

Liverpool akhirnya mendapat hadiah penalti di menit 34 setelah Adam Lallana yang mencoba lolos dari hadangan Mason Holgate justru dijatuhkan di kotak terlarang.

Milner yang bertindak sebagai algojo menunaikan tugasnya dengan sempurna. Kiper Everton, Jordan Pickford terkecoh ke arah yang salah dan membuka keunggulan Liverpool 1-0 di menit ke-35. Skor bertahan hingga turun minum.

Babak Kedua Van Dijk Jadi Pahlawan

Everton menghidupkan peluangnya di babak kedua. Namun, The Reds tak berhenti menghasilkan peluang untuk memperbesar keunggulan. Sayang belum ada yang membuahkan hasil sekali lagi.

Lewat sebuah serangan balik yang dilakukan pemain pengganti Everton, Ademola Lookman bekerja sama dengan Phil Jagielka di menit 67, diakhiri dengan tembakan mendatar oleh Gylfi Sigurdsson yang membuat penjaga gawang Loris Karius tak berdaya saat melihat bola masuk ke gawangnya. Skor sama kuat 1-1.

Berhasil menyamakan kedudukan, Everton beberapa kali membuat sejumlah serangan berbahaya, namun belum mampu menciptakan peluang bagus.

Memasuki 10 menit terakhir, Liverpool kembali unggul dalam kedudukan 2-1. Sepak pojok Alex Oxlade-Chamberlain menemui Van Dijk, yang meneruskannya dengan sundulan tanpa bisa diredam Pickford. Liverpool di atas angin.

Di masa injury time, Everton dua kali mengancam gawang Liverpool. Namun gagal menciptakan gol tambahan. Skor 2-1 untuk keunggulan Liverpool bertahan sampai laga usai. (Sbg/Rig)

Comments