Pakai sepatu penting di masa Pandemi
(Foto Freepik..com)

Sabigaju.com – Salah satu perubahan yang terjadi di masa pandemi corona adalah begitu banyak orang yang saat berpergian ke luar rumah lebih memilih pakai sepatu ketimbang sandal.

Padahal dahulu Dulu bisa dibilang kaum lelaki malas pakai sepatu, lantaran gerah ataupun tidak praktis.

Sepatu tetap menjadi bagian dari kebutuhan kita. Tidak harus mahal. Tetapi ukuran dan kenyamanan harus menjadi kriteria utama dalam memilih sepatu.

Intinya, sepatu di era digital ini merupakan bagian dari kebutuhan hidup sehat. Nah, lantaran menjadi kebutuhan maka sebaiknya kamu mengedepankan fungsi bukannya gengsi saat pakai sepatu di tengah pandemi yang belum juga mereda saat ini..

BACA JUGA:  Cara Tepat Memilih Sepatu untuk Berjalan Kaki 

Kaki lebih Baik  Jika Tidak Bersepatu?

Menurut Daniel Lieberman, chair of Department of Human Evolutionary Biology di Harvard University bersama tim penelitinya, kelengkapan sepatu seperti peredam getaran dan bantalan sebenarnya membuat kaki kita menjadi lebih lemah dan lebih rentan cedera.

Riset ini mempelajari dampak berlari menggunakan sepatu versus telanjang kaki. Hasilnya, melindungi kaki dengan sepatu justru bisa berisiko dalam jangka panjang.

“Saat kita berjalan menggunakan sepatu, kaki kita menekan bantalan sebagai pengganti permukaan tanah keras yang membuat otot-otot di kaki hanya bekerja lebih sedikit dibandingkan jika kita bertelanjang kaki.” Demikian kata Lieberman kepada majalah Time.

Jika otot kaki tidak dilatih dengan benar karena bantalan sol yang nyaman, risiko cedera dan masalah kaki seperti flat feet (kaki datar) meningkat.

Kaki datar adalah kondisi di mana lengkungan yang seharusnya terdapat di telapak kaki menjadi rata. Namun, sepatu kets atau sneaker masih menjadi pilihan lebih baik dibandingkan sepatu hak tinggi, di mana jenis sepatu ini dikaitkan dengan banyak masalah kesehatan.

Di samping rasa tidak nyaman, memakai sepatu hak tinggi dapat mengubah struktur otot betis kita, serta menyebabkan masalah persendian dan nyeri otot.

Semua risiko tersebut akan meningkat seiring bertambahnya usia, yang artinya kaki kita tidak akan pernah terbiasa memakai sepatu hak tinggi.

Sepatu yang memiliki ukuran terlalu sempit juga dapat merusak kondisi kaki kita, dan berpotensi menyebabkan kelainan bentuk kaki, menurut penelitian yang dilakukan oleh ahli penyakit kaki Hylton Mez.

BACA JUGA: Pilihan Sepatu Terbaik untuk Keseimbangan Tubuh dan Pikiran

Sepatu Terbaik Seperti Apa? yang Jelas Bukan Sekedar Gengsi

Lalu, apa yang harus kita pakai sebagai alas kaki? Peneliti menyebutkan, alas kaki paling sehat berbeda-beda bagi setiap orang, tergantung usia, kondisi kesehatan, dan berat badan.

Sebagian besar ahli menyebutkan, karena sulit bagi kita untuk sama sekali tidak memakai sepatu, maka sepatu dengan bantalan dan pendukung kaki dianggap cocok untuk kaki.

Bagi Lieberman, pilihan yang paling baik adalah sepatu minimalis, atau sepatu yang membuat kita terasa seperti bertelanjang kaki.

Namun guna memastikan sepatu kita tidak memberi risiko cedera pada kaki, Lieberman merekomendasikan untuk sering mengganti sepatu yang biasa kita pakai dengan sepatu lain atau bertelanjang kaki, agar kita melatih semua otot secara merata dan menghindari cedera akibat stres.

Pilih Berdasarkan Telapak kaki

Sebelum membeli sepatu sebaiknya kenali jenis telapak kakimu. Pasalnya, kaki adalah salah satu anggota vital tubuh yang berperan menopang seluruh berat badan.

Ada tiga bentuk telapak kaki. Pertama, Normal Foot dengan lengkungan yang normal sehingga kaki dapat menyebarkan tekanan dengan baik ke seluruh bagian kaki saat melangkah.

Selain itu, ada Flat Foot tanpa lengkungan di telapak kaki (datar) yang membuat kaki cepat lelah saat berjalan, serta High Arch dengan lengkungan kaki cukup tinggi yang menyebabkan kaki mudah sakit, karena rendahnya daya redam.

Dengan mengenali jenis telapak kaki, kamu bisa memilih sepatu yang tepat untuk membantu kaki terasa lebih nyaman saat dikenakan.

BACA JUGA: Sebaiknya Lepas Sepatu Saat di Rumah Saat Pandemi Corona

Waktu yang Tepat Buat beli Sepatu

Untuk mendapat sepatu yang tepat, disarankan membeli sepatu pada sore atau malam hari. Karena pada saat ini kaki sedang berada di ukuran terbesarnya.

Secara alamiah kaki bertambah besar seiring berjalan hari. Itulah sebabnya kamu sebaiknya membeli sepatu pada sore atau malam hari. Jangan membeli sepatu saat pagi hari.

Nah,  jangan lupa  untuk menerapkan protokol kesehatan saat kamu membeli sepatu di masa pandemi ini. (Sbg/Rig)

 

Comments