(Foto: Instagram.com/_joegentile_)

Sabigaju.com –  di masa pandemi saat ini, stres yang bisa datang tanpa diundang.  itu sebabnya  kita perlu dikelola dengan baik.

Soalnya kalau kita tidak mengendalikannya J maka jiwa kita akan mengalami gangguan jiwa yang tidak bisa terkendalikan.

Nah, salah satu cara mudaah  untuk menyehatkan jiwa kita adalah dengan melihat ikan di akuarium.   Hal ini  secara ilmiah sudah dibuktikan lho gaes

BACA JUGA: Sederet Gadget untuk Hewan Peliharaan, Penting Nih! 

Ikan Hias di Aquarium Mengusir Stres

Dalam sebuah penelitian yang di terbitkan di laman di jurnal Environment and Behavior menunjukkan bahwa melihat sekumpulan ikan hias dalam akuarium, dapat membantu menurunkan tekanan darah dan memperlambat detak jantung.

Dalam sebuah penelitian, hanya melihat akuarium yang berisi air dan batu karang saja sudah bisa menenangkan perasaan para peserta penelitian.

Manfaat tersebut bertambah ketika akuarium diisi dengan ikan hias. Selain itu, semakin banyak jenis ikan hias yang berada di dalam akuarium atau kolam,, maka semakin besar manfaatnya dalam menenangkan orang-orang yang melihatnya.

Mengalihkan Stres

Alasan lain  mengapa ikan hias dapat menghilangkan stres karena  dapat menjadi pengalih perhatian kita dari penyebab stres.

Saat kita fokus menikmati keindahan ikan, pikiran akan teralihkan dari sumber stres dan merasa lebih rileks.

Ada banyak sekali jenis ikan hias yang bisa dipelihara dengan mudah. Memelihara ikan dengan beragam variasi warna dapat memanjakan mata kita.

Selain itu, ikan dengan warna cerah dapat memberikan efek yang lebih baik dan lebih menyenangkan.

Mungkin hal ini juga yang menjadi alasan mengapa orang-orang menyebut ikan hias dapat menghilangkan stres.

BACA JUGA: Soal Kesetiaan Kita Perlu Belajar dari Hewan Anjing

Reconect Kembali dengan Alam

Saat ini banyak orang yang lebih terhubung dengan berbagai gadget seperti smartphone, laptop, tablet, umpan berita media sosial, dan acara televisi yang terus-menerus ditonton.

melepaskan diri dari teknologi bisa menjadi sebuah tantangan. Mengamati ikan di dalam tangki memberi kita jeda dari teknologi yang terus-menerus membombardir kita, dan itu membantu kita terhubung kembali dengan alam.

Nah dengan memiliki aqurium yang berisi ikan bisa menjadi cara kita untuk terhubung dengan alam yang pastinya membuat kamu merasa lebih rileks dan meningkatkan suasana hati.

Menyaksikan ikan yang berenang bolak-balik di aquarium serta suara air yang mengalir bisa membuatmu rileks deh.

BACA JUGA: Kesepian di Tengah Pandemi? Coba deh Memelihara Hewan!

Jangan Lupa Membersihkan Aquarium

Mengingat besarnya manfaat memelihara ikan d aquarium maka kamu sebaiknya jangan lupa untuk rutin membersihkannya yah gaes.

Kamu harus menjaga agar air di aquarium tetap jernih dan sehat. Soalnya hal itu baik itu untuk kesehatan ikan dan aquarium sedap dipandang mata.

Kamu tidak perlu mengganti semua air yang ada di akuarium, cukup 10-25% dari total debit air di dalamnya saja setiap dua minggu sekali. Sebaiknya kamu jangan meletakkan akuarium di tempat yang terkena cahaya matahari langsung.

Dan sebaiknya jangan terlalu banyak memberi makan ikan karena serpihannya bisa membuat air akuarium menjadi keruh.

Tertarik untuk memelihara ikan hias dalam aqurium? (Sbg/Rig)

Comments