Sabigaju.com – Bekerja atau berkarir yang sesuai dengan passion memang idaman setiap orang. Namun, menemukan passion dalam berkarir bukan hal yang mudah. Beberapa orang mungkin beruntung bisa mengetahui passionnya sejak masa remaja, tetapi tidak sedikit pula yang bingung apa passion mereka hingga usia mendekati kepala tiga. Lalu, sebenarnya usia berapa biasanya seseorang menemukan passion berkarir?

Jawaban pasti untuk pertanyaan tersebut sebenarnya tidak ada. Menemukan passion adalah sesuatu yang sangat personal sehingga tidak bisa disamakan pada setiap orang. Namun, mayoritas orang menemukan passionnya di atas usia 20 tahun. Hal ini berkaitan dengan pengalaman hidup dan juga pengalaman kerja.

Langkah Menemukan Passion Berkarir

Pada masa-masa remaja hingga dewasa awal, banyak di antara kita yang masih fokus untuk belajar di sekolah formal. Tidak semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk menggali dan mencari tahu apa passionnya. Namun, sambil belajar dan semakin dewasa kita akan semakin tahu tentang pekerjaan apa yang membuat kita senang dan yang membuat bosan. Pekerjaan apa yang sesuai dengan kepribadian dan keahlian kita, serta pekerjaan apa yang sepertinya tidak cocok untuk kita. Hal-hal semacam itu sesungguhnya mengarahkan kita kepada passion. Tanpa disadari, banyak di antara kita yang sesungguhnya sudah mulai tahu apa yang mereka inginkan dalam bekerja.

Dilansir dari tulisan Dedy Dahlan yang dimuat oleh kompas.com, perjalanan menemukan passion dalam berkarir seringkali diidentikan dengan keputusan resign. Padahal sebenarnya tidak. Anda yang saat ini merasa masih bingung tentang apa passion yang dimiliki, coba renungkan lebih dalam apa yang menjadi tujuan dan juga hal-hal yang membuat Anda senang menjalani kehidupan.

Banyak orang yang menemukan passionnya setelah melewati usia seperempat abad. Hal ini disebabkan oleh pengalaman hidup dan pengalaman kerjanya. Semakin lama Anda bekerja, semakin Anda tahu pekerjaan apa yang membuat Anda bergairah mengerjakan hal yang sama setiap waktu. Bila Anda sudah menemukan passion dalam berkarir, Anda akan bisa memandang jauh ke depan tanpa ragu menjalani pekerjaan yang Anda jalani saat ini. (Sbg/Er)

Comments