bobby dan kahiyang
Bobby Afif Nasution dan Kahiyang Ayu_02 (Foto Allseasons-photo.com)

Sabigaju.com – Kebahagiaan nampak di wajah Bobby Nasution dan Kahiyang ayu yang hari ini Rabu, (8/11). Pasalnya, Bobby dan Kahiyang telah resmi menjadi pasangan suami istri.

Ribuan tamu nampak hadir silih berganti memberikan ucapan selamat kepada Bobby dan Kahiyang dalam acara pernikahan yang digelar di Gedung Graha Saba Buana, Surakarta Jawa tengah.

Pernikahan Bobby dan Kahiyang berlangsung dalam nuansa adat Solo. Sejumlah prosesi adat pun telah dilakukan oleh Bobby Nasution dan keluarga sebagai syarat pernikahan adat Jawa seperti Siraman, Seserahan hingga prosesi adat Panggih.

Adat Mandailing

Rencananya, keluarga Bobby Nasution juga akan menggelar resepsi adat mandailing untuk pernikahan Bobby dan Kahiyang di Kota Medan, Sumatera Utara.

Acara adat di Sumatera Utara akan dilakukan sejak tanggal 21 November yaitu acara pemberian marga Siregar kepada Kahiyang Ayu.

Prosesi pemberian marga Siregar kepada Kahiyang Ayu dilatar belakangi ibunda dari Bobby yang bermarga Siregar, dan tulang (paman) dari Bobby juga bermarga Siregar. Secara adat jaman dahulu, seorang anak muda disarankan kawin dengan putri Tulang nya.

bobby dan kahiyang
Bobby Nasution dan Kahiyang Ayu. (Foto Allseasons-photo.com)

Namun seiring perkembangan zaman, tidak semua putra Mandailing harus kawin dengan putri dari tulang nya.

Tetapi, putri yang akan dipersunting itu tetap akan dianggap sebagai putri dari Tulangnya. Nah, lewat prosesi pemberian marga nanti, maka Kahiyang Ayu dianggap sebagai putri dari tulangnya.

Uniknya Pemberian Marga

Proses ini akan dimulai dengan permintaan pihak ayah Bobby agar keluarga Siregar itu mau menjadi bapak bagi Kahiyang.

Setelah pihak keluarga Siregar setuju, Kahiyang akan dianggap lahir sebagai anak dari keluarga Siregar. Maka akan ada proses memangku Kahiyang oleh pihak keluarga Siregar.

bobby kahiyang
Kahiyang Ayu mengenakan kain tenun khas suku Batak, Ulos (Foto: Allseasons-photo.com)

Disusul kemudian dengan ayah dan ibu dari keluarga Siregar membawa Kahiyang selaku putri barunya dalam balutan kain gendongan di punggung dengan berkeliling ruangan acara.

Pemberian marga tersebut dilaksanakan melalui serangkaian upacara adat yang dihadiri oleh raja-raja serta tokoh-tokoh adat.

Rencananya serangkaian acara adat itu akan berlangsung di kediaman Doli Sinomba Siregar, kakak laki-laki Ade Hanifah Siregar, ibunda Bobby.

Bukan Hanya Marga, Kahiyang Juga Bakal Dapat Gelar

Selanjutnya pada 24 November 2017, prosesi pemotongan hewan kerbau besar yang berlanjut pada prosesi meminta izin kepada para Raja Batak untuk menabuh gordang sembilan.

Nantinya proses ini mungkin akan melibatkan Bahasa Batak dan juga pantun-pantun dalam Bahasa Batak.

bobby kahiyang
Bobby Nasution dan Kahiyang Ayu. (Foto: Allseasons-photo.com)

Selanjutnya pada tanggal 25 November Bobby Nasution dan Kahiyang akan mendapat gelar dari para Raja Mandailing. Untuk Bobby sendiri akan mendapat gelar Sutan Kumala Abdul Rahman, sedangkan Kahiyang masih dirahasiakan.

Rangkaian acara resepsi adat akan berakhir  pada tanggal 26 November, dimana akan berlangsung resepsi untuk umum. Rencananya, akan ada acara hiburan tari Jawa dan tari Mandailing

Untuk resepsi pernikahan Bobby dengan Kahiyang di kota Medan ini, kabarnya keluarga Bobby mengundang 2000 orang, belum termasuk relawan-relawan yang bakal mempersiapkan pernikahan. (Sbg/Rig)

 

 

Comments