Fresh Grad
Sebagai fresh grad, biasanya banyak pria yang akan merasa kebingungan menentukan masa depan hingga pilihan pekerjaan untuk dilakukannya.(Foto: Unsplash)

Sabigaju.com – Tidak terasa 4 tahun kuliahmu akhirnya selesai pula. Sebagai fresh grad, pria sepertimu akan merasa kebingungan menentukan masa depan.

Diantara sekian banyak pilihan yang terbentang, sebagai fresh grad pilihanmu mungkin akan mengerucut menjadi pegawai, wirausaha maupun menjadi freelancer.

Kamu tidak perlu merasa khawatir karena pilihan ini pada dasarnya sangat bagus. Meskipun semuanya akan kembali pada diri masing-masing: apakah kamu akan merasa lebih nyaman menjadi seorang pegawai, berwirausaha atau menjadi freelancer.

Berikut ini adalah ulasan lebih lanjut mengenai pilihan yang dapat kamu ambil selaku fresh grad.

BACA JUGA:

 

Menjadi Pegawai

Pilihan lain yang dapat kamu  lakukan  sebagai seorang fresh grad adalah menjadi pegawai.

Pekerjaan pegawai dapat dikelompokkan menjadi pegawai di sektor pemerintah maupun di sektor non-pemerintah.

Semua pilihan tentu memiliki konsekuensi masing-masing. Kelebihan yang akan kamu dapatkan jika bekerja pada sektor pemerintah adalah mendapatkan gaji yang jelas serta tetap, tunjangan hari tua, dan waktu luang yang lebih banyak.

Fresh Grad
(Foto: Pexels)

Selain itu, kamu juga dapat mengabdi pada negara dan memiliki jenjang karier yang jelas. Namun kekurangan yang akan kamu dapatkan adalah tidak mampu melakukan negosiasi gaji serta terikat birokrasi.

Sedangkan menjadi pegawai non-pemerintahan berarti kamu memiliki kesempatan untuk melakukan negosiasi gaji, mudah mengembangkan diri, dapat lebih giat bekerja serta mendapatkan jenjang karir yang bagus pula.

Tetapi kekurangan pilihan ini adalah tidak adanya dana pensiun, memiliki jam kerja yang tidak tentu serta adanya kemungkinan untuk Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Menjadi Wirausahawan

Berwirausaha adalah salah satu pekerjaan alternatif yang zaman sekarang sudah dilakukan oleh seorang fresh grad alias kamu yang baru saja lulus kuliah.

Wirausaha identik dengan orang yang mempunyai gagasan dan mengelola serta menjalankan gagasan tersebut.

Fresh Grad
(Foto: Unsplash

Nah, sebagai fresh grad kamu juga harus mepertimbangkanmemiliki kelebihan dan kekurangan saat memilih berwirausaha.

Kelebihan dari berwirausaha adalah menciptakan lapangan pekerjaan, meningkatkan kualitas hidup, meningkatkan pemerataan pendapatan, serta meningkatkan kesejahteraan pemerintahan melalui program pemerintahan, seperti pajak.

Kekurangan dari berwirausaha adalah mudah frustasi dengan keadaan, sering merasa kurang percaya diri, hilangnya kebanggan pada diri sendiri, kecanduan pada pekerjaan yang sulit dihindari, dan kesulitan mendapatkan waktu istirahat yang berkualitas.

Menjadi Freelancer

Dewasa ini, banyak pula fresh grad yang memilih untuk menjadi freelancer seperti vlogger, freelance graphic designer maupun freelance content writer.

Fresh Grad
(Foto: Unsplash)

Pekerjaan ini dapat menjadi menyenangkan terutama jika berkaitan dengan passion seseorang, serta dapat mengatur waktu sendiri.

Namun, kekurangannya adalah kecanduan pada pekerjaan serta sulitnya mendapatkan waktu istirahat yang berkualitas. (Sbg/Vania)

Comments