Sebuah perusahaan pengembang teknologi asal China berhasil menciptakan robot HEXA yang mampu membantu para pencinta tanaman hias merawat tanaman mereka. (Foto: Instagram)
Sebuah perusahaan pengembang teknologi asal China berhasil menciptakan robot HEXA yang mampu membantu para pencinta tanaman hias merawat tanaman mereka. (Foto: Instagram)

Sabigaju.com – Ada banyak hal yang sangat perlu diperhatikan oleh para penggemar tanaman hias. Salah satunya adalah memiliki sikap cekatan dan sigap dalam memperhatikan perkembangan dan pertumbuhan tanaman hias mereka.

Sebab apabila faktor tersebut tidak dilakukan maka tanaman tersebut bisa mengalami dormansi alias berhenti melakukan aktivitas hidup.

Nah, buat kamu penggemar tanaman hias ada kabar gembira nih kini sudah hadir sebuah robot yang dapat membantu kamu dalam melakukan hobimu terhadap tanaman hias.

Keunggulan Robot HEXA

Seorang peneliti robot sekaligus wirausahawan asal Tiongkok, Sun Tianqi, belum lama ini berhasil memodifikasi sebuah robot yang memiliki kemampuan merawat tanaman.

Robot berkaki enam ciptaannya tersebut terlihat seperti kepiting yang dilengkapi 19 kamera servo, inframerah dan 720p. Robot yang diberi nama HEXA itu memiliki kemampuan membuat tanaman mendapatkan sinar matahari, sekaligus mencegah panas berlebihan.

Robot HEXA akan bergerak ke arah sinar matahari saat tanaman memerlukannya serta kembali  ke tempat teduh ketika tanaman sudah mendapatkan sinar matahari yang cukup.

Tak hanya itu, robot HEXA juga akan menggerak-gerakkan kakinya sebagai tanda jika tanaman kehabisan air.

Terinspirasi dari Tanaman Mati

Dilansir dari laman Vincross, Sun Tianqi mengungkapkan proyek ini adalah wujud dari upaya Berbagi Teknologi Manusia dengan Tanaman.

Menurutnya Hexa diciptakan lantaran terinspirasi saat dirinya melihat tanaman bunga matahari yang mati di sebuah pameran.

“Tanaman adalah makhluk pasif, Anda dapat memotong, membakar dan mencabutnya. Mereka tidak akan melakukan apa-apa,” kata Tianqi.

“Kini, manusia telah menciptakan teknologi agar manusia bisa bergerak menggunakan sepeda, kereta api, dan pesawat. Lalu, kenapa tidak ada teknologi untuk tanaman,'”  ujarnya dengan nada tanya.

“Dengan robot HEXA, tanaman dapat mengalami mobilitas dan interaksi. Saya berharap bahwa proyek ini dapat membawa inspirasi terhadap hubungan antara teknologi dan sifat dasar pengaturan alam,” jelas Tianqi.

Nah, kalau kamu tertarik untuk memiliki robot pintar ini agar dapat membantumu merawat tanaman hias di rumah, maka kamu bisa mendapatkannya dengan harga US$949 atau sekitar Rp13 juta lebih untuk edisi standar dan US$999 sekitar Rp14,3 juta lebih untuk versi Wireless Charger. (Sbg/Rig)

Comments