Skullbreaker Challenge
(Foto: Twitter)

Sabigaju.com – Belakangan ini Tren tantangan baru bernama skullbreaker challenge tengah ramai di media sosial. Bahkan Banyak siswa sekolah yang mengikut tantangan lelucon digital yang viral di aplikasi TikTok.

Skullbreaker challenge sendiri awalnya berasal dari Venezuela dan banyak dilakukan di negara-negara Amerika Selatan, sebelum merambah ke AS dan Eropa.

Skullbreaker challenge biasanya dimainkan oleh tiga orang. Dua orang yang berdiri mengapit seorang pemain yang mencoba melakukan lompatan vertikal setinggi-tingginya.

Saat pemain yang berada tengah meniru melakukan lompatan, dua orang di sisi kanan dan kirinya menjegal kaki orang tersebut sampai jatuh. Sekilas hal ini terlihat lelucon namun ternyata punya resiko fatal.

BACA JUGA: Hentikan, Skip Challenge Itu Permainan Maut yang Mematikan!

Bahaya Cedera Tulang Ekor Akibat Skull Breaker Challengge

Skullbreaker challenge sangat berbahaya! Kamu bisa bayangkan, orang yang kena jegal saat melompat itu bisa jatuh dengan kepala terlebih dulu menimpa lantai, atau bagian punggung dan tulang ekornya.

Hal tersebut  tentu bisa menyebabkan cedera parah, gegar otak, cacat seumur hidup, bahkan sampai kematian.

Dalam dunia medis, kondisi nyeri tulang ekor disebut coccydynia, yaitu saat tulang ekor meradang akibat suatu rangsangan kemudian berakibat nyeri yang sangat mengganggu seperti ditekan atau kejang otot.

Dalam kebanyakan kasus, rasa sakit akan membaik selama beberapa minggu atau bulan, tetapi kadang-kadang itu bisa bertahan lebih lama dan sangat memengaruhi kemampuan seseorang beraktivitas setiap hari.

Gejala coccydynia umum ialah rasa sakit tepat di atas bokong, yang akan lebih buruk ketika duduk, bergerak dari duduk ke berdiri, atau berdiri untuk waktu yang lama. Anda juga akan sulit untuk tidur, mengemudi, dan membungkuk.

Beberapa orang juga menderita sakit punggung, nyeri pada kaki dan pinggul. Lantas bagaimana perawatan terhadap cedera tulang ekor?

BACA JUGA: Viral! Tantangan Vans Rasuki Para Vanshead di Dunia Maya

Kamu bisa melakukan perawatan di rumah misalnya dengan menggunakan bantal khusus untuk membantu mengurangi tekanan pada tulang ekor saat sedang duduk.

Namun, pastikan kamu tidak terlalu lama duduk jika memungkinkan. Sebaiknya berdiri dan jalan-jalan secara teratur

Dan baiknya selama perawatan, kamu mengenakan pakaian yang longgar dan hindari celana ketat karena berisiko memberi tekanan pada tulang ekor.

BACA JUGA: Yuk Akhiri Tren Challenge Menantang Maut dari Film Bird Box

Jangan Lakukan

Kita mesti mewaspadai bahaya skullbreaker challenge dan nggak usah coba-coba ikutan challenge ini sob. Unfaedah pokoknya!

Dan jika kamu melakukan skullbreaker challenge hingga menyebabkan jatuhnya korban jiwa hingga terluka ataupun meninggal dunia,  maka kamu hasrus siap dikenakan tindak pidana dan berujung di penjara! (Sbg/Rig)

Comments