Arsenal secara resmi mengumumkan pelatih baru Unay Emery yang menggantikan Arsene Wenger. (Foto: Instagram arsenal)
Arsenal secara resmi mengumumkan pelatih baru Unay Emery menggantikan Arsene Wenger. (Foto: Instagram arsenal)

Sabigaju.com – Setelah ditinggal oleh Arsene Wenger Arsenal akhirnya memutuskan secara resmi nama Unai Emery yang didaulat menjadi pelatih baru klub tersebut.

“Kami dengan bangga mengumumkan bahwa Unai Emery akan menjadi pelatih baru Arsenal,” ucap Stan Kroenke, pemegang saham mayoritas Arsenal di situs web resmi klub.

Mantan pelatih Paris Saint Germain itu diharapkan bisa memberikan nuansa baru kepada tim setelah 22 tahun dibesut Wenger.

“Saya senang dapat bergabung dengan salah satu klub terhebat dalam olahraga sepak bola,” kata Emery di situs web resmi klub. “Saya sangat bersemangat atas tenggung jawab yang diberikan ini untuk memulai babak baru yang penting dalam sejarah Arsenal,” tambahnya.

Mantan pelatih Paris Saint Germain itu diharapkan bisa memberikan nuansa baru kepada tim setelah dua dekade lebih dibesut Wenger.

Ditunjuknya Unai untuk melatih arsenal sempat menghebohkan warganet di tanah air. Banyak warganet yang mempertanyakan alasan maupun prestasi Unai hingga mendapatkan kepercayaan melatih Arsenal.

Lantaran banyaknya warganet yang membicarakannya, nama Unai pun sempat masuk dalam jejeran trending topic di jagat Twitter di Tanah Air.

Karier Unay Emery yang Penuh Lika-Liku

Perjalanan karier Unai Emery bisa dibilang penuh lika-liku sebelum resmi ditunjuk menjadi manajer Arsenal. Sempat gagal ketika merantau, namun namanya justru melambung ketika kembali ke Sevilla.

Emery bukan golongan pemain top dunia ketika masih aktif bermain. Ia lebih banyak memperkuat tim semenjana macam Real Sociedad dan Leganes.

Emery mengawali karier kepelatihannya di Lorca Deportiva (2005-2006) dan dilanjutkan ke Almeria (2006-2008), Valencia (2008-2012), dan Spartak Moskow (2012).

BACA JUGA: Romansa Wenger dan Arsenal Resmi Berakhir

View this post on Instagram

🔴 #WelcomeUnai

A post shared by Arsenal Official (@arsenal) on

Emery kembali ke Spanyol setelah enam bulan tak mampu membuat perubahan signifikan bersama Spartak. Popularitasnya menanjak setelah menangani Sevilla pada 14 Januari 2013. Rapor apiknya bersama Sevilla, yakni tiga gelar trofi Liga Europa, melambungkan namanya dalam jajaran pelatih top dunia.

Prestasi Unai Emery

Kariernya kemudian berlanjut Di klub kebanggaan warga ibukota Prancis, Paris Saint-Germain (PSG). Di klub itu Emery menggantikan posisi Laurent Blanc yang dianggap tak sesuai ekspektasi para petinggi PSG, yakni gagal mengantar Les Parisiens berbicara banyak di Liga Champions.

Alih-alih membawa PSG melejit di Eropa, prestasi Emery justru diragukan sejak musim pertama. Sebab, ia gagal meneruskan dominasi PSG sebagai juara Ligue 1 selama empat musim terakhir dan harus merelakan trofi tertinggi pada AS Monaco musim 2016/2017.

Namun, pelatih 46 tahun sukses mempersembahkan tujuh gelar bagi PSG. Namun, juara Ligue 1 2017/2018 jadi prestasi tertingginya di Paris.

Berikut torehan gelar yang berhasil diraih Unai Emery sebagai pelatih:

1. Sevilla
– Liga Europa: 2013-2014, 2014-2015, 2015-2016.

2. Paris Saint-Germain
– Ligue 1: 2017-2018.
– Coupe de France: 2016-2017, 2017-2018.
– Coupe de la Ligue: 2016-2017, 2017-2018.
– Trophee des Champions: 2016, 2017

Beban Unay di Arsenal

Emery berhasil menyingkirkan dua kandidat lainnya yang juga berasal dari Spanyol: Mikel Arteta dan Luis Enrique dan terpilih sebagai manajer Arsenal.

Filosofi sepak bola menyerang ala Spanyol yang dimiliki Emery dianggap sejalan dengan warisan Arsene Wenger di Emirates.

Lantas, akankah Arsenal bakal bersinar di Premier League pada musim 2018 – 2019 ini? Kita lihat saja nasib dan perkembangan kubu Meriam London tersebut ditangan Unai Emery. (Sbg/Rig)

Comments