Kandidat Pria
Kandidat Pria dan wanita melihat peluang kerja secara berbeda, dan recruiter tidak terlalu memperhatikan nuansa ini. Lantas mengapa kandidat pria lebih sering diperhatikan oleh recruiter?(Foto: Unsplash)

Sabigaju.com – Tahun 2019 sudah memasuki bulan keempat, kira-kira pencapaian apa saja yang sudah selesai kamu lakukan? Berbicara masalah pencapaian, tentu saja tidak terlepas dari proses pencarian kandidat pekerja serta rekruitmen.

Kandidat yang baik seringkali terlupakan karena adanya proses rekruitmen yang kurang baik.

Kandidat Pria dan wanita melihat peluang kerja secara berbeda, dan recruiter tidak terlalu memperhatikan nuansa ini. Lantas mengapa kandidat pria lebih sering diperhatikan oleh recruiter?

BACA JUGA: Berniat untuk Mencari Pekerjaan Baru? Perhatikan Lima Hal Ini

Pria dan Wanita Terbuka untuk Peluang Pekerjaan

Menurut riset terbaru yang dilakukan oleh LinkedIn dalam “Gender Insights Report”, pria dan wanita memiliki peluang mendapatkan pekerjaan yang nyaris sama (90% untuk pria dan 88% untuk wanita).

Sangat baik untuk melihat peluang yang baru. Sebaiknya, kamu terbuka untuk melihat peluang yang lebih baik terutama untuk market value.

Wanita Lebih Selektif dalam Melakukan Pencarian Pekerjaan

Alasan lain mengapa recruiter akan lebih melihat para kandidat pria adalah karena wanita cenderung lebih selektif dalam melakukan pencarian pekerjaan. Wanita akan mendaftar jumlah pekerjaan 20% lebih rendah daripada pria.

BACA JUGA: Ini yang Bikin Para Pekerja Industri Kreatif Gag Betah Ngantor

Pria akan langsung mendaftar pekerjaan ketika merasa dirinya telah 60% memenuhi kualifikasi, sedangkan wanita baru akan melakukan pendaftaran terhadap suatu pekerjaan jika ia sudah mencapai 100% kualifikasi.

Pria Lebih Bersemangat Meminta Rekomendasi

Rekomendasi yang baik adalah kunci untuk mendapatkan pekerjaan. Rekomendasi dapat kamu peroleh dari bos di perusahaan terdahulu maupun dosenmu dulu.

BACA JUGA: Bekerja dari Rumah dan Dampaknya pada Kesehatan Mental

Biasanya kandidat pria memiliki kecenderungan untuk bersikap lebih serius dalam meminta rekomendasi.

Tentu saja hal ini akan sangat membantumu untuk memperoleh pekerjaan. Sedangkan wanita cenderung melakukannya 26% lebih rendah dibandingkan pria.

Hiring Managers akan Lebih Tertarik pada Kandidat Pria

Hiring Managers akan lebih tertarik untuk mengetahui kandidat pria ketimbang kandidat wanita.

BACA JUGA: 

Beragam Pandangan Tentang Robot yang Akan Mengambil Alih Pekerjaan Manusia

Dan ketika mereka sudah menemukan profil kandidat pria, umumnya mereka akan merasa kandidat tersebut sudah sama-sama berkualitas jika dibandingkan dengan kandidat wanita yang juga mendaftar pada posisi yang sama.

Sebagai tambahan, pastikan kamu mengirimkan aplikasi untuk pekerjaan dengan menggunakan email pribadimu. (Sbg/Vania)

Comments