Aktivitas Berenang
(Foto: Freepik,com)

Sabigaju.com – Cuaca terik yang terasa belakangan ini membuat begitu banyak orang kegerahan sehingga menimbulkan keinginan ataupun tergoda untuk melakukan aktivitas berenang.

Namun Apakah aman untuk melakukan aktivitas berenang di tengah pandemi Corona saat Ini?

Kandungan Air Kolam Berantas Virus

Menurut Roberta Lavin selaku profesor kedokteran di College of Nursing, University of Tennessee pernah mengulas soal risiko infeksi virus corona di kolam renang publik.

Dia menjelaskan bahwa hingga saat ini, para ahli masih menyelidiki berbagai cara virus corona bisa menular.

BACA JUGA : Jenis Olahraga untuk Mengatasi Ejakulasi Dini 

Sejauh ini diketahui adalah virus corona bisa menular lewat droplet yang keluar saat kita sedang batuk dan bersin.  Tetapi, belum ada bukti bahwa virus bisa bertahan hidup di air.

Jika kamu masih merasa khawatir, Lavin juga berkata bahwa konsentrasi klorin di kolam renang pada umumnya cukup kuat untuk membunuh virus.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) juga sependapat. Dalam situs resminya, CDC berkata bahwa hingga saat ini, belum ada bukti bahwa Covid-19 bisa menular antar manusia lewat penggunaan kolam renang dan kolam air panas.

“Pengoperasian, perawatan dan disinfeksi kolam renang yang sesuai standar akan mematikan virus yang menyebabkan Covid-19,” tulis CDC.

BACA JUGA : 6 Olahraga yang Memacu Adrenalin Ini Bikin Pesonamu Naik Kelas

Tidak Berenang di Kolam Publik Langkah Bijak

Meski demikian, bukan berarti kamu tidak perlu waspada ketika pergi utuk melakukan aktivitas berenang di kolam renang umum.

Lavin mengingatkan, dalam situasi pandemi ini, kamu harus berasumsi bahwa semua orang terinfeksi dan apa pun yang mereka sentuh telah terkontaminasi.

Ini artinya, sangat sulit untuk masuk dan keluar dari kolam renang tanpa menyentuh apa pun atau berinteraksi dengan orang lain.

BACA JUGA : Ragam Olahraga Air Kekinian yang Harus Kamu Coba

Bayangkan, berapa banyak permukaan yang kamu sentuh ketika pergi ke kolam renang? Mulai dari gagang pintu, pintu loker, kursi, hingga keran kamar mandi dan benda lainnya.

Apalagi bila kamu kemudian harus ke toilet. Itu artinya Anda harus memegang lebih banyak lagi permukaan di mana virus corona bisa hinggap dan berpindah ke tangan.

Oleh karena itu, tidak melakukan aktivitas berenang di kolam publik adalah hal bijak untuk menghindari risiko terinfeksi virus corona Covid-19. (Sbg/Rig)

Comments