Gangguan kesehatan
Ada sejumlah gangguan kesehatan yang kerap menjadi momok besar bagi para pria. (Sumber Men Health Indonesia)

Sabigaju.com – Faktanya, tidak hanya wanita saja yang kerap memiliki paranoid terhadap berbagaI gangguan kesehatan.

Pria juga kerap merasa demikian. Bahkan bisa dikatakan lebih sering pria yang mengalami paranoid kesehatan ini daripada lawan jenisnya tersebut.

Dan berikut, adalah 7 masalah / gangguan kesehatan yang kerap menjadi momok besar bagi para pria tersebut.

BACA JUGA: 

Empat Penyakit yang Mengintai Generasi Milenial, Nomor 2 Lagi Mewabah Nih

1. Jantung

Mari kita mulai dengan gangguan kesehatan mengerikan yang kerap menjadi ketakutan “universal” para pria ini.

Jantung kerap ditakuti banyak pria dikarenakan penyakit ini kerap menjadi “silent killer”. Sudah jutaan bahkan milyaran pria di dunia ini yang meninggal dunia akibat penyakit ini.

Oleh karenanya, agar bisa terhindar dari penyakit mematikan ini, kurangilah makan-makanan berkolesterol tinggi, istirahat yang cukup, dan rajin-rajinlah berolahraga.

2. Kanker Testis

Testis tak dipungkiri adalah “perangkat” yang sangat penting bagi para pria. Kedua “bola” penis ini berfungsi untuk memproduksi sperma yang tentunya bermanfaat untuk sistem reproduksi.

Karenanya wajar banget apabila pria langsung ngeri sengeri-ngerinya ketika ia divonis menderita kanker di bagian vital tersebut.

Semakin mengerikan lagi ketika menyadari bahwa setiap tahunnya di Inggris, terdapat hampir 2000 pria yang dilaporkan menderita penyakit ini. Jadi hati-hati ya guys!

BACA JUGA: Sah! Pemerintah Thailand Legalkan Ganja Sebagai Bahan Pengobatan

3. Kanker Usus

Walau banyak menghantui pria-pria berumur 60-70 tahun, nyatanya gangguan kesehatan kanker usus juga bisa menyerang mereka-mereka yang masih berumur 30 dan 40an. Dan tentunya sangat wajar apabila penyakit ini menjadi momok yang mengerikan.

Apabila kita sudah terkena kanker usus, tidak hanya proses pembuangan hajat menjadi tidak nyaman, namun juga membuat kita lemas dan tentunya tidak bisa lagi makan-makanan enak yang sembarangan. Pokoknya tersiksa banget deh.

4. Diabetes

Sebenarnya penyakit yang juga dikenal sebagai kencing manis ini, lebih sering menjadi momok bagi wanita walau faktanya, lumayan banyak juga pria yang terkena penyakit ini.

BACA JUGA: Lakukan Ini Jika Tak Ingin Air Urin Kamu Berbau Tak Sedap

Bahkan lebih jauhnya, di Inggris diabetes tipe 2 memiliki rasio yang sangat tinggi terhadap seluruh kalangan kelamin dan usia (yap, termasuk anak-anak). Oleh karenanya jangan sekali-sekali menganggap kita bisa terbebas dari penyakit ini.

Selain itu agar bisa terhindar, kurangilah konsumsi yang manis-manis seperti permen, cokelat, nasi (yap nasi memiliki kadar gula yang sangat tinggi), dan panganan yang mengandung gula tinggi lainnya.

5. Kanker Prostat

Bagi kalian yang mungkin masih bingung apa dan dimana itu prostat, prostat adalah kelenjar yang terletak diantara penis dan saluran air kencing.

BACA JUGA: Minum Kopi dapat Cegah Kanker Prostat? Secercah Harapan

Nah dikarenakan letaknya tersebut, maka apabila pembuangan air kecil kita terasa “tanggung” atau “macet-macet”, atau masih terasa penuh padahal kita sudah selesai, maka bisa dikatakan kita sudah terkena gejala kanker prostat.

Apabila kita masih merasa ragu, langsung saja periksakan ke dokter spesialis. Nantinya mereka akan melihat darah kita dan juga melakukan uji prostat. Sangat disarankan untuk segera diperiksa karena faktanya, 1 dari 7 pria di Inggris setiap tahunnya, pasti terkena penyakit menakutkan ini.

6. Disfungsi Ereksi

Gangguan kesehatan ini adalah dikarenakan tidak maksimalnya “ketegangan” penis yang alhasil, membuat daya kerja pembuahan sperma juga turut tidak maksimal.

BACA JUGA: Nih! 7 Tips yang Bikin Kemampuan Ereksi Makin Maksimal 

Tentunya gangguan kesehatan ini  ini sangatlah memalukan “nusa dan bangsa” para pria. Dan faktanya berdasarkan penelitian, sebanyak 50% pria berusia 40an, memiliki masalah kesehatan ini.

Namun bukan untuk alasan kejantanan saja penyakit ini begitu ditakutkan, faktanya disfungsi ereksi kerap juga menandakan penyakit yang lebih serius di dalam diri seperti jantung atau diabetes.

Oleh karenanya apabila kita sudah mati-matian menegangkan penis, tapi tidak kokoh seperti umumnya, segera periksakan diri kalian ke spesialis Urologi.

7. Depresi

Gangguan kesehatan yang menjadi momok, tidaklah selalu yang kesehatan fisik saja. Faktanya, kesehatan mental seperti depresi juga sangat ditakutkan oleh siapapun.

Hal ini dikarenakan fakta di lapangan menunjukkan bahwa pria rentang usia 20-34 tahun memiliki tingkat kematian bunuh diri lebih tinggi dari wanita di seluruh dunia.

BACA JUGA: Depresi Menjadi Alasan Terbesar Kasus Bunuh Diri Selebriti

Dan hal tersebut berawal dari rasa depresi yang sangat tinggi. Oleh karenanya sekali lagi tak heran apabila para pria kerap merasa paranoid sendiri dengan masalah kesehatan mental ini.

Oleh karenanya apabila mungkin kita kini merasa sudah masuk tahapan depresi, segeralah mencari pertolongan ke psikolog, psikiater, atau curahkan saja semua masalah ke teman atau orang tua kita.

Karena faktanya, seringkali depresi dipicu dari masalah berat yang dipendam begitu lama tanpa adanya bantuan / masukan dari orang-orang terdekat.

Semoga kita kini tidak sedang mengalami gangguan kesehatan ini ya guys!

Comments