Mengatur Gaji Bulanan
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Meski mengatur gaji  bulanan sangat penting dilakukan, sayangnya, seringkali kita kerap kebablasan atau bahkan salah perhitungan.

Alhasil, membuat gaji yang ada, sudah keburu habis duluan sebelum waktunya. Kalau sudah begini, kepala pun dijamin akan pusing tujuh keliling.

Kalau kamu tidak ingin lagi mengalami pusing tujuh keliling, ada sejumlah trik untuk mengatur gaji bulanan dengan cara keren. Simak yah gaes!

BACA JUGA: Waspadalah! Ini Dia Tanda Gaji Bulanan Belum Mencukupi

1. Membuat Rencana Budget

Hal pertama dan mendasar untuk mengatur gaji bulanan bisa kamu lakukan dengan . membuat rancangan tabel budget. Bagilah menjadi 3 kolom.

Kolom 1: Daftar tagihan bulanan, cicilan, dan hutang
Kolom 2: Daftar belanja bulanan (sayur, sabun, dll)
Kolom 3: Daftar pengeluaran pribadi

Dengan membuat tabel seperti ini, dijamin setiap bulannya kita akan memiliki rekap yang jauh lebih jelas dan terperinci.

Tidak bakalan lagi yang ada namanya kurang atau bahkan kelebihan (over budgeting).

BACA JUGA: Tips Jitu Bertahan Hidup di Kota Jakarta dengan Gaji Pas-pasan

2. Bayar Tuntas

Hal lain yang juga perlu kamu lakukan untuk mengatur gaji bulanan adalah membayar segala tagihan apalagi hutang,

Kalau kamu  memang belum mampu untuk menyelesaikannya, negosiasikanlah dengan penuh kemasuk akalan sehingga, bisa membuat pihak yang dihutangi tidak merasa terbebani dan jalinan silaturahmi yang tetap terjaga baik.

3. Pengeluaran Pribadi Yang Vital Saja

Ketika kita membeli kebutuhan pribadi, kita kerap kalap sendiri. Padahal belum tentu juga kebutuhan yang dibeli penting banget kegunaannya bagi kita.

Oleh karenanya, pastikan kita membeli kebutuhan pribadi yang BENAR-BENAR kita butuhkan saja. Dengan demikian, gaji yang ada tidak terbuang percuma.

4. Menabung

Inilah yang masih sering dianggap enteng oleh kita-kita atau lupa dilakukan. Padahal, hal ini perlu dilakukan saat mengatur gaji bulanan

Selalu ingat untuk menyisihkan sebagian kecil  dari tabunganmu untuk ditabung. Hal ini sangatlah penting.

Sebab bila  suatu saat ada kebutuhan yang “super emergency”, dan kantong kita sedang kering kerontang, maka tabungan inilah yang akan menyelamatkan kita.

BACA JUGA: Sederet Faktor Penentu Kebahagiaan Selain Gaji

5. Income Stabil Setiap Bulannya

Tentunya. Bagaimana kita bisa memiliki neraca pengeluaran dan pemasukan yang seimbang jika pengeluaran tiap bulannya saja tidak seimbang. Bulan ini pas, bulan depan kurang.

Sebisa mungkin setiap bulan harus memiliki jumlah gaji yang sama. Lebih, malah bagus. Sehingga, kita bisa memiliki rancangan anggaran yang sesuai harapan.

Semoga tips mengatur gaji bulanan ini bermanfaat buat kesehatan finansialmu! (Sbg/Mrv)

Comments