Tren Podcast
(foto: Freepik.com)

Sabigaju.com –  Belakangan ini tren podcast  ramai diminati lantaran konten yang disiarkan semakin unik, kreatif dan mengerucut, sehingga pendengar bisa dengan mudah mencari saluran yang paling sesuai dengan minat dan hobi mereka.

Tak seperti radio yang memiliki jadwal untuk program-programnya, pendengar bebas mendengarkan podcast kapan saja mereka mau dan topik apa yang mereka ingin dengarkan.

Sederhananya, podcast seperti vlog di saluran Youtube, namun tanpa visual.

Hal lain yang membuat tren podcast semakin diminati lantaran tingginya intensitas perjalanan orang-orang masa kini.

Mereka yang menghabiskan banyak waktu di jalan, baik di mobil maupun transportasi publik, memilih untuk mendengarkan podcast agar tetap mendapat wawasan baru dan, di saat yang sama, terhibur.

BACA JUGA: Waterproof Headphone Untukmu yang Suka Berolahraga

Podcast dan Gaya Baru Informasi

Menurut pakar strategi media digital, Nic Newman dalam studi  bertajuk Journalism, Media, and Technology Trends and Predictions,  media dengan format audio akan mengalami peningkatan.

“Sebanyak 58 persen penerbit [media] mengaku akan fokus pada podcast, dengan proporsi yang sama menilik pada konten untuk speaker [pengeras suara] yang diaktivasi menggunakan suara,” tulis Newman dalam hasil risetnya.

Selain itu, Newman juga menyebut konsumen media digital juga mengalami perubahan tingkah laku.

Laporan The Smart Audio dari Edison Research menunjukkan bahwa 65 persen pemilik gawai mendengarkan lebih banyak musik, dengan peningkatan signifikan untuk berita, podcast, dan buku audio.

Nah, ada beberapa hal yang membuat  tren podcast bakal kembali bersinar di tahun 2020:

BACA JUGA: Segudang Manfaat Mendengarkan Musik untuk Kesehatan 

Persaingan Makin Ketat

Podcast diprediksi bakal makin Berkembang. Hal ini akan ditandai dengan persaingan di industri podcast untuk mendapatkan posisi teratas di pasar.

Berbagai platform podcast akan mendorong lebih banyak konten audio dan menemukan cara baru untuk berinovasi dan menarik audiens yang lebih banyak.

Persaingan ini dapat menghasilkan lebih banyak konten orisinil.

Bakal Banyak Acara Podcasting dan Live Streaming

Nah. di tahun ini sepertinya pertunjukan live bakal banyak berlangsung guna membantu podcaster menjalin koneksi.

Dengan konten interaktif yang sedang naik daun, belum lagi teknologi dan teknik yang lebih canggih, live podcast akan memungkinkan host dan audiens untuk terhubung dengan cara yang beda dari sebelumnya.

Baik itu melalui sesi tanya jawab, kontes atau debat telepon, tren podcast dipredksi masih bersinar di tahun 2020.

BACA JUGA: Menanti Kembalinya Aplikasi Winamp Versi Terbaru, Canggih Gak Yah? 

Bakal Banyak Iklan

Hal lain yang membuat tren podcast diprediksi bersinar,  adalah faktor  ramainya pengiklan yang bakal merambah di industri digital konten podcast.

Apalagi, para pendengar podcast sebenarnya lebih terbuka terhadap iklan. Meskipun iklan dapat mengganggu pengalaman pengguna podcast.

iklan adalah sumber kehidupan yang membuat pertunjukan podcast bisa berlangsung. Dan begitu banyak penggemar yang bisa menerima bahwa iklan hanyalah bagian tak terpisahkan dari pengalaman podcast.

Nah industri podcast mungkin mengalami lonjakan dalam pendapatan iklan pada tahun 2020. Kamu sendiri bakal meramaikan tren podcast di tahun 2020 ini? (Sbg/Rig)

Comments