Sabigaju.com – Kuliner superfood hingga kini masih diminati terutama oleh para pecinta hidup sehat. Bahkan pada tahun 2020 ini ada sejumlah superfood yang diprediksi bakal populer dan jadi tren.

Kuliner superfood  sehat dan kaya manfaat bagi kesehatan tentunya terus berkembang ataupun berganti. Diantaranya ada biji-bijian, alpukat, makanan fermentasi, matcha, dan beragam buah-buahan tropis.

Berikut beberapa kuliner superfood‘ yang akan populer di tahun 2020.

1. Biji-bijian

Biji-bijian mulai terkenal karena adanya diet keto yang eksis di tahun 2019. Manfaat dari biji-bijian ini ternyata tetap digemari di tahun 2020.

Kuliner superfood ini bertahan lantaran beragam nutrisi yang terkandung di dalamnya dapat membuat tubuh lebih sehat dan terbebas dari beragam penyakit berbahaya.

Kuliner Superfood
(Foto: Freepik.com)

 

Biji-bijian mengandung sejumlah nutrisi baik yang sangat dibutuhkan tubuh, salah satunya protein. Contohnya kandungan pada biji labu diantaranya ada karbohidrat, vitamin B12, vitamin E, mineral seperti magnesium, seng, dan asam lemak linoleat dan asam oleat.

Biji-bijian tersebut biasanya dikonsumsi sebagai campuran saat menyantap makanan diet seperti salad, smoothie, dan yogurt.

BACA JUGA: Kuliner Nikmat Namun Bisa Mematikan, Waspada Gaes! 

2. Alpukat

Buah lembut creamy in juga akan masuk dalam deretan tren kuliner superfood  di tahun 2020 lantaran sudah tidak diragukan lagi manfaatnya untuk kesehatan.

Alpukat memiliki sejumlah nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh setiap hari. Di dalam alpukat mengandung 20 jenis vitamin esensial dan kandungan lemak tak jenuh.

Kuliner Superfood
(Foto: Unsplash)

Vitamin yang terkandung pada buah alpukat diantaranya vitamin E dan B. Selain itu buah alpukat juga kaya akan serat yang sangat diperlukan pada kesehatan pencernaan.

Selain kandungan vitamin dan lemak tak jenuh, di dalam alpukat juga terdapat protein, natrium, karotenoid, serta zat yang dapat berfungsi sebagai anti-inflamasi pada tubuh.

3. Makanan Fermentasi

Tren kuliner superfood di tahun 2020 juga diramaikan dengan ragam makanan fermentasi alias makanan yang memiliki cita rasa asam dan telah melalui proses pendiaman.

Rasa asam, makanan fermentasi ini dinilai dapat menyehatkan fungsi pencernaan. Selain itu, kandungan zat probiotik pada makanan fermentasi juga baik untuk sistem kekebalan tubuh.

Kuliner Superfood
(Foto: Instagram)

Nah, acar ataupun tempe adalah makanan fermentasi yang cukup populer di indonesia    Indonesia

Makanan atau minuman fermentasi ini dikenal penuh dengan kandungan zat probiotik yang memang sangat berfungsi baik untuk masalah pencernaan.

BACA JUGA: Kuliner Ini Bikin Kamu Loyo Saat Bentrok di Ranjang dengan Pasangan

4. Matcha

Matcha alias bubuk teh hijau yang halus mengandung banyak manfaat baik untuk kesehatan.

Salah satunya mengurangi radikal bebas pada tubuh karena kaya akan kandungan antioksidan.

Kuliner Superfood
(Foto: Unsplash)

Pencinta matcha bisa berbahagia karena makanan favoritnya akan jadi salah satu tren kuliner superfood 2020. Kandungan tinggi zat antioksidan inilah yang membuat matcha begitu populer.

Tak hanya itu matcha juga memiliki kandungan kafein yang lebih rendah dari kopi sehingga dipercaya lebih menguntungkan daripada manfaat teh hijau biasa. Matcha memiliki kandungan antioksidan 100 kali lipat lebih tinggi dari minuman teh hijau.

BACA JUGA: Rekomendasi Jus Buah untuk Meningkatkan Gairah Bercinta 

5. Buah Eksotis

Kuliner Superfood
(Foto: Pixabay.com)

Kuliner buah eksotis diantaranya adalah kiwi, buah naga, dan grapefruit juga diprediksi bakal jadi tren di tahun 2020

Buah-buahan eksotis ini mengandung banyak vitamin serta kaya akan serat yang baik untuk kesehatan pada pencernaanmu.

Buah-buahan eksotis ini dapat dikonsumsi secara langsung atau dikonsumsi dengan beragam olahan menarik. (Sbg/Rig)

Comments