Diet Militer
Dalam beberapa bulan belakangan ini para penggemar kebugaran ataupun orang-orang yang berkeinginan menurunkan berat badan tengah gandrung melakukan diet militer(Foto: chowhound.com)

Sabigaju.com- Salah satu cara menurunkan berat badan adalah dengan melakukan diet. Nah Dalam beberapa bulan belakangan ini para penggemar kebugaran ataupun orang-orang yang berkeinginan menurunkan berat badan tengah gandrung melakukan diet militer

Program diet militer menjanjikan penurunan berat badan dengan cepat dan pasti. Diet militer ini dikenal juga dengan sebutan diet 3 hari.

Program diet ini diklaim bisa menurunkan berat badan hingga 4,5 kilogram hanya dalam waktu seminggu. Lantas seperti apa pola diet ini?

BACA JUGA:

 

Pola dan Cara Kerja Diet Militer

Diet Militer ini sama sekali tidak ada kaitannya dengan dunia militer atau aktivitas militer. Orang yang menjalani diet ini tidak harus berlatih fisik layaknya para militer, mereka hanya harus menjaga pola makan yang ketat.

Diet ini dilakukan dengan rencana makan selama 3 hari kemudian 4 hari berikutnya libur. Siklus mingguan ini diulang terus hingga mencapai berat badan yang diinginkan.

Tapi, jangan salah, walaupun waktunya relatif singkat, diet ini bukan merupakan diet yang ekstrim lho.

Diet ini hanya mengatur menu makanan yang terencana dalam jangka waktu yang pendek aja kok. Pengaturan menu ituah yang mampu membantu kita kehilangan sampai sepuluh kilogram.

2 Fase Diet Militer

Seperti yang telah disebutkan di atas, diet militer selama 7 hari dibagi menjadi 2 fase.

Untuk 3 hari pertama, kamu harus mengatur makanan rendah kalori untuk menu sarapan, makan siang, dan makan malam. Tidak ada camilan apapun selama 3 hari tersebut. Total asupan kalori selama fase ini kira-kira 1.100–1.400 kalori per hari.

Untuk 4 hari berikutnya, kamu dianjurkan untuk makan sehat dan terus menjaga asupan kalori tetap rendah. Pendukung diet mengklaim bahwa kamu dapat mengulangi diet beberapa kali hingga mencapai berat badan yang diinginkan.

Rencana Menu Makan

Berikut rencana makan yang bisa dilakukan untuk 3 hari dalam diet militer

Hari pertama

Untuk permulaan, menu makanan berikut ini mengandung sekitar 1.400 kalori. Sarapan: sepotong roti panggang dengan 2 sendok makan selai kacang, setengah buah jeruk bali merah, secangkir teh atau kopi (opsional).

Makan siang: sepotong roti panggang, setengah cangkir tuna, secangkir kopi atau teh (opsional). Makan malam: 3 ons daging (direbus atau dikukus), secangkir kacang hijau, apel kecil, setengah buah pisang, satu cangkir es krim vanila.

Hari kedua

Untuk hari kedua, jumlah kalorinya 1.200 kalori. Sarapan: sepotong roti panggang, satu butir telur rebus, setengah buah pisang, secangkir kopi atau teh (opsional).

Makan siang: satu butir telur rebus, secangkir keju cottage, 5 cracker asin, secangkir kopi atau teh (opsional).Makan malam: dua hot dog tanpa roti, setengah cangkir wortel, setengah cangkir brokoli, setengah buah pisang, setengah cangkir es krim vanila.

Hari ketiga

Pada hari ketiga, kalori yang dibutuhkan sebesar 1.100 kalori.

Sarapan: 1 ons keju cheddar, 5 cracker asin, apel kecil, secangkir kopi atau teh (opsional).

Makan siang: sepotong roti panggang, sebutir telur (boleh dimasak sesukanya), secangkir kopi atau teh (opsional). Makan malam: secangkir tuna, setengah buah pisang, 1 cangkir es krim vanila.

Pastinya makanan yang akan kamu konsumsi saat diet militer begitu hambar. Nah, hal itu biasanya menyebabkan kamu tidak tahan dengan menu diet militer, sehingga Moms akan lebih cepat untuk mengakhirinya.

Selain itu kamu akan kehilangan banyak nutrisi saat melakukan diet militer. Pasalnya dengan menu-menu yang Moms konsumsi saat diet militer,kamu akan kehilangan berbagai sumber gizi sehat dari makanan lain.

So Kamu tertarik untuk mencoba jenis diet ini? (Sbg/Rig)

Comments